Yahya, Adhisty Yulia (2023) Pengaruh Recitation Method Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Kota Jambi Pada Mata Pelajaran PPKn. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (579kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (625kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKA1.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Hasil belajar PPKn siswa kelas VII MTs Negeri 1 masih di bawah standar ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 75. Hal ini disebabkan oleh ketidaktertarikan siswa terhadap teknik Teacher Centered Learning yang digunakan di MTs Negeri 1 Kota Jambi dalam pembelajaran PPKn, karena tidak mampu menarik minat siswa atau memotivasi siswa untuk belajar lebih giat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan metode resitasi terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan desain pre-test post-test control group design dan merupakan penelitian eksperimen semu. Kelas VII E berperan sebagai kelas eksperimen dalam penelitian ini, sedangkan kelas VII D berperan sebagai kelompok kontrol. Peneliti menggunakan tes pilihan ganda sebagai instrumen penelitian, dan peneliti memperoleh sumber data dari sumber data primer. Temuan penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara metode resitasi dengan hasil belajar siswa MTs Negeri 1 Kota Jambi pada mata pelajaran PPKn kelas VII. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji Mann-Whitney yang diperoleh peneliti yaitu Zhitung sebesar -2,118 dengan nilai Sig. 0,034. Nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga berdasarkan dasar pengambilan kepuusan maka Ha diterima dan H0 ditolak. The learning outcomes of Civics class VII students at MTs Negeri 1 are still below the minimum completeness standard (KKM) set by the school, namely 75. This is caused by students' disinterest in the Teacher Centered Learning technique used at MTs Negeri 1 Jambi City in learning Civics, because it is unable to attract students' interest or motivate students to study harder. This study aims to determine the impact of the application of the resitation method on the learning outcomes of Civics class VII students at MTs Negeri 1 Jambi City. This study used a pre-test post-test control group design and was a pseudo-experimental study. Class VII E served as the experimental class in this study, while class VII D served as the control group. Researchers used multiple choice tests as research instruments, and researchers obtained data sources from primary data sources. The findings of this study indicate a relationship between the resitation method and the learning outcomes of MTs Negeri 1 Jambi City students in class VII Civics subjects. This can be proven by the Mann-Whitney test results obtained by researchers, namely Zhitung of -2.118 with a Sig value. 0,034. The significance value is smaller than 0.05 so that based on the basis of decision making, Ha is accepted and H0 is rejected.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Recitation Method, Hasil Belajar Siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | Yahya |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 04:45 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 04:45 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52435 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |