PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN MODEL TESTLET UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI IKATAN KIMIA

Habib, Muhammad and Naswir, Muhammad and Harizon, Harizon (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN MODEL TESTLET UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI IKATAN KIMIA. S2 thesis, Magister Pendidikan Kimia.

[img] Text
TESIS MUHAMMAD HABIB P2A821011.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (38kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan.pdf

Download (225kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (55kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (18kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (59kB)

Abstract

Penggunaan instrumen mempunyai peranan penting dan dibutuhkan untuk penilaian dan mengetahui keberhasilan pembelajaran yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian model testlet yang memenuhi syarat dalam mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Produk yang dihasilkan berupa instrumen penilaian model testlet untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) pada materi ikatan kimia yang berjeniskan soal pilihan ganda dan mencakup dimensi kognitif C4, C5, dan C6. Pada proses pengembangan, produk yang dikembangkan harus melewati beberapa tahap dengan mengikuti tahapan model Wilson, Model Oriondo dan Antonio (1998) yang mencakup 3 langkah : perancangan tes, uji coba tes, dan pengukuran tes. Pada tahap pengembangannya diuji kelayakan secara konseptual oleh para tim ahli dari segi materi, konstruk, bahasa dengan hasil masing-masing 3,92; 3,85; 3,87 kategori Sangat Layak dan dapat diujicobakan lapangan tanpa revisi dan kelayakan secara praktisi oleh respon 8 guru kimia yaitu 94,9% kategori Sangat Layak, respon siswa sebanyak 121 siswa sebesar 60,7% serta hasil uji validitas 30 item soal dengan keterangan valid, hasil reliabilitas yaitu 0,653 kriteria tinggi, hasil kesukaran item, yaitu 10 soal mudah; 10 soal sedang; dan 10 soal susah, hasil daya pembeda yaitu 6 soal kategori sangat baik; 9 soal kategori baik; 11 soal kategori cukup; 4 soal kriteria kurang dan hasil tes dengan rata-rata skor 51,3%. Analisa data menggunakan aplikasi IMB SPSS statistics 25 dengan analisis korelasi/bivariate, realibility analysis, dan frequencies. Dengan demikian, produk yang dihasilkan dapat dikatakan valid dan layak untuk evaluasi pembelajaran oleh para ahli teori, pendidik/pengguna serta uji item. Kata Kunci: Testlet, HOTS, Ikatan Kimia, Instrumen

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Muhammad Habib
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:43
Last Modified: 11 Jul 2023 06:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52438

Actions (login required)

View Item View Item