Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 10 Kota Jambi

Husna, Febriza Laila (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 10 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (171kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (865kB)
[img] Text
BAB 1 (1).pdf

Download (508kB)
[img] Text
BAB 5 (1).pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (373kB)
[img] Text
SKRIPSIII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivement Division (STAD) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 10 Kota Jambi. Metode penelitian menggunakan quasi experimental design rancangan penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa dan siswi kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Jambi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengambilan data penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes. Data tersebut di uji dengan uji-t dan uji N-Gain dengan menggunakan software SPSS 26 For windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivement Division (STAD) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 10 Kota Jambi. Dilihat dari hasil uji-t independent yaitu hitung>ttabel sebesar 10.498>2.004 dengan nilai df 54 dan pada taraf 5% dan dilihat dari nilai sig. yang diperoleh yaitu 0,03 < 0,05. Secara uji N-Gain nilai rata-rata kelas eksperimen adalah sebesar 67,78 atau 68% yang termasuk dalam kategori Cukup efektif. Sedangkan dengan nilai mean atau rata-rata pada kelas kontrol) adalah sebesar 8,834 atau 9% termasuk dalam kategori tidak efektif yang artinya antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan yang signifikan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Student Teams Achievemnt Division (STAD), PPKn.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: Husna
Date Deposited: 11 Jul 2023 04:47
Last Modified: 11 Jul 2023 04:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52440

Actions (login required)

View Item View Item