APRIZAN, APRIZAN (2023) PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU SECARA DARING: STUDI FENOMENOLOGI DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-AKHYAR MUARA BUNGO. S3 thesis, Universitas Jambi.
Text
Abstrak.pdf Download (89kB) |
|
Text
Bab 1.pdf Download (219kB) |
|
Text
Bab 5.pdf Download (219kB) |
|
Text
Cover.pdf Download (11kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (446kB) |
|
Text
Full DISERTASI APRIZAN).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
Lembar Pengesahan .pdf Download (267kB) |
Abstract
Pembelajaran secara daring merupakan dilema dan pilihan sulit bagi sekolah dan guru SD Islam Terpadu Al-Akhyar. Kesulitan ini disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah guru belum berpengalaman dalam menggunakan perangkat teknologi untuk pembelajaran daring, keterbatasan sarana prasarana, adanya keberatan dari sebagian orang tua. Pembelajaran daring dianggap akan meyulitkan mereka dalam mendampingi anak-anak mereka belajar dirumah. Rasa cemas anak mereka akan pengaruh negatif dari Handphone (HP). Kekhawatiran terhadap terhentinya pelaksanaan program unggulan sekolah, seperti sholat duha berjamaah, hafalan doa, sholat jenazah. Penelitian ini bertujuan untuk menginterpretasikan pengalaman guru dalam membuat perencanaan, melaksanakan dan menilai hasil pembelajaran dan kelemahan serta kelebihan pembelajaran tematik secara daring. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi interpretatif. Fenomenologi interpretatif berupaya untuk mengeksplorasi berbagai fenomena yang dapat menjelaskan secara utuh tujuan penelitian ini. Tujuan penelitian fenomenologi interpretatif adalah untuk memahami pengalaman subjektif individu atau kelompok dalam konteks tertentu. Metode ini bertujuan untuk memahami makna yang diberikan oleh partisipan terhadap fenomena yang mereka alami dan bagaimana pengalaman tersebut membentuk persepsi dan pemahaman mereka tentang dunia. Peneliti mengumpulkan data dengan wawancara dan dokumen. Hasil penelitian menunjukan dalam perencanaan, pelaksanaan, maupun penilaian pembelajaran guru mengalami berbagai keterbatasan. Seperti keterbatasan aksesibilitas dan konektivitas. Terbatasnya akses pengawasan langsung kepada peserta didik. Keterbatasan-keterbatasan tersebut menyebabkan pelaksanaan pembelajaran tematik secara daring di SD Islam Terpadu Al-Akhyar Muara Bungo belum menghadirkan pembelajaran yang bermakna. Pelaksanaan pembelajaran tematik belum mampu mendorong peserta didik lebih aktif, menyelidiki, menemukan, dan membangun pengetahuan mereka sendiri melalui eksplorasi dan refleksi terhadap topik yang dipelajari. Proses pembelajaran harus memilik Infrastruktur dan teknologi yang memadai, pengaturan jadwal dan kegiatan, Penggunaan sumber daya digital, Keterlibatan orang tua. Akses pembelajaran yang memadai ini akan dapat medorong pelaksanaan pembelajaran secara daring berjalan dengan lebih baik.
Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tematik Terpadu, Pembelajaran Daring. Fenomenologi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S3 Kependidikan |
Depositing User: | APRIZAN |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 08:27 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 08:27 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52462 |
Actions (login required)
View Item |