Pratiwi, Amanda (2023) Strategi Pemasaran Produk Tepung Mocaf (Modified Cassava Flour) pada Posyantek Sekar Melati di Jelutung-Kota Jambi. Strategi Pemasaran Produk Tepung Mocaf (Modified Cassava Flour) pada Posyantek Sekar Melati di Jelutung-Kota Jambi.
![]() |
Text
TA_AMANDA.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
![]() |
Text
COVER TA.pdf Download (25kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK_Amanda.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
BAB IV KESIMPULAN_Amanda.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
BAB I_Amanda.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA_Amanda.pdf Download (140kB) |
Abstract
Laporan ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran tepung mocaf, agar Penulis dapat menjelaskan bagaimana memasarkan tepung mocaf, memanfaatkan singkong yang memiliki nilai jual rendah menjadi suatu produk alternatif yang kaya akan manfaat, serta lebih berguna dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Metode penulisan yang digunakan adalah pengumpulan data dokumentasi dan analisis dengan melaksanakan program magang agar mendapatkan data, sehingga dapat mendeskripsikan atau menggambarkan data yang sesuai dengan strategi pemasaran pada tepung mocaf. Hasil penulisan menunjukkan bahwa strategi pemasaran tepung mocaf sebagai bahan substitusi tepung terigu pada industri pangan olahan memiliki potensi pasar yang tinggi berdasarkan bauran pemasaram (Marketing Mix) yaitu produk, harga, saluran distribusi, dan promosi. Tepung mocaf adalah tepung yang dihasilkan dari hasil fermentasi ubi kayu yang melalui beberapa tahapan yakni pengeringan, penggilingan, pengayakan, dan pengemasan. Tepung cassava saat ini dijual dengan harga Rp. 35.000/kg, harga tersebut relatif mahal akan mempengaruhi daya beli konsumen dan penjualan produk tersebut. dengan pemasaran tepung cassava yang relatif masih rendah makan pemilik usaha menjadikan tepung cassava menjadi produk turunan seperti kue bolu, brownies, tekwan, kue nagasari, nastar, adonan tepung basah, dan kue kering lainnya. Tepung mocaf disalurkan dari sentra-sentra produksi langsung ke industri-industri yang membutuhkan. Ketersediaan tepung mocaf tidak perlu dikhawatirkan karena tepung mocaf bukan bahan yang mudah basi sehingga dapat digudangkan bila dikemas dengan baik dalam kemasan hampa udara (vacum sealer). Kata kunci : strategi pemasaran, tepung mocaf
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen Pemasaran |
Depositing User: | Pratiwi |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 06:39 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 06:39 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52465 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |