SIDAURUK, PUTRI PUSPITA DEWI (2023) MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA KOKAMI DI KELAS VI SDN 212/IX SARANG BURUNG. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (309kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_PUTRI PUSPITA DEWI SIDAURUK.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Sidauruk, Putri Puspita Dewi. 2023. Meningkatkan Kreativitas Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Team Games Tournament Berbantuan Media Kokami di Kelas VI SDN 212/IX Sarang Burung: Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Arsil, M. Pd., (II) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd. Kata Kunci: kreativitas, team games tournament, kokami Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kreativitas siswa setelah menggunakan model pembelajaran team games tournament berbantuan media kokami di kelas VI SDN 212/IX Sarang Burung. Penelitian ini dilakukan di SDN 212/IX Sarang Burung pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa 17 orang terdiri dari 8 laki-laki dan 9 perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari II siklus dengan prosedur diawali dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 212/IX Sarang Burung. Untuk melihat meningkatnya kreativitas belajar peserta didik, penelitian ini menggunakan data penelitian kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas siswa setelah penggunaan model pembelajaran team games tournament berbantuan media kokami. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tiap indikator. Pada indikator berpikir lancar (fluency) yang semula memperoleh 21,59% dengan siswa hanya dapat menyebutkan beberapa jawaban menjadi 82,35% dengan siswa mampu memberikan banyak gagasan dari soal yang diberikan. Indikator berpikir terperinci (elaboration) yang awal mulanya 47,04% siswa belum dapat mengembangkan gagasan yang dicetuskan menjadi 80,39% siswa mampu memberikan jawaban yang berisi penjelsan yang runut dan benar. Indikator oirisinil (originality) yang mulanya 29,41% dengan kecenderungan siswa dalam meniru jawaban siswa yang lain menjadi 88,39% siswa mampu memikirkan cara dalam menyelesaikan sesuatu yang dibuktikan dengan argument dalam bahasa dan istilah sendiri. Indikator berpikir luwes (flexibility) yang semula 29,41% siswa hanya mampu menyelesaikan beberapa masalah meningkat menjadi 72,55% siswa mampu menyelesaikan masalah dengan berbagai variasi jawaban. Selain itu, penerapan model pembelajaran team games tournament berbantuan media kokami dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa, agar siswa terbiasa berpikir kreatif dalam proses pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kreativitas, team games tournament, kokami |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Sidauruk |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 02:59 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 02:59 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52483 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |