Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dengan Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas III Di Sekolah Dasar

Rahmadhani, Sintia Putri (2023) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dengan Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas III Di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (576kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (448kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (678kB)
[img] Text
SKRIPSI SINTIA PUTRI RAHMADHANI (A1D119097).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (575kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (445kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Rahmadhani, Sintia Putri. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dengan Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas III Sekolah Dasar: Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Yantoro, M.Pd. (2) Violita Zahyuni, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Numbered Head Together (NHT), Media Konkret Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika siswa kelas III SDN 155/I Sungai Buluh melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan berbantuan media konkret. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh dengan cara observasi keaktifan belajar siswa, observasi keterlaksanaan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan tes diskusi kelompok dan tes individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keaktifan belajar matematika siswa kelas III SDN 155/I Sungai buluh, yaitu dilihat dari hasil observasi keaktifan belajar matematika siswa pada siklus I pertemuan I dengan persentase keaktifan siswa 59,35% dan pada siklus I pertemuan II mencapai 69%. Siklus II pertemuan I mendapatkan hasil persentase keaktifan belajar matematika siswa sebesar 74,30% dan siklus II pertemuan II mencapai 85,93%. Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I pertemuan I mendapatkan hasil sebesar 92,30%, sedangkan pada siklus I pertemuan II mendapatkan hasil persentase sebesar 100%. Siklus II pertemuan I dan II mendapatkan persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dengan berbantuan media konkret dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas III SDN 155/I Sungai Buluh.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Belajar, Numbered Head Together (NHT), Media Konkret
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Rahmadhani
Date Deposited: 12 Jul 2023 06:59
Last Modified: 12 Jul 2023 06:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52490

Actions (login required)

View Item View Item