Rahmadhani, Sintia Putri (2023) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dengan Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas III Di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (461kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (576kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (448kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (678kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI SINTIA PUTRI RAHMADHANI (A1D119097).pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (575kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (445kB) |
Abstract
Rahmadhani, Sintia Putri. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dengan Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas III Sekolah Dasar: Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Yantoro, M.Pd. (2) Violita Zahyuni, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Numbered Head Together (NHT), Media Konkret Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika siswa kelas III SDN 155/I Sungai Buluh melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan berbantuan media konkret. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh dengan cara observasi keaktifan belajar siswa, observasi keterlaksanaan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan tes diskusi kelompok dan tes individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keaktifan belajar matematika siswa kelas III SDN 155/I Sungai buluh, yaitu dilihat dari hasil observasi keaktifan belajar matematika siswa pada siklus I pertemuan I dengan persentase keaktifan siswa 59,35% dan pada siklus I pertemuan II mencapai 69%. Siklus II pertemuan I mendapatkan hasil persentase keaktifan belajar matematika siswa sebesar 74,30% dan siklus II pertemuan II mencapai 85,93%. Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I pertemuan I mendapatkan hasil sebesar 92,30%, sedangkan pada siklus I pertemuan II mendapatkan hasil persentase sebesar 100%. Siklus II pertemuan I dan II mendapatkan persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dengan berbantuan media konkret dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas III SDN 155/I Sungai Buluh.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan Belajar, Numbered Head Together (NHT), Media Konkret |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Rahmadhani |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 06:59 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 06:59 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52490 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |