Persepsi Guru Terhadap Penggunaan Media Visual Pada Proses Pembelajaran Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar

Mulfajril, Restu and Hadiyanto, Hadiyanto and Sofyan, Hendra (2023) Persepsi Guru Terhadap Penggunaan Media Visual Pada Proses Pembelajaran Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar. S2 thesis, MAGISTER PENDIDIKAN DASAR.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (23kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (524kB)
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Mulfajril, Restu. 2023. “Persepsi Guru Terhadap Penggunaan Media Visual Pada Proses Pembelajaran Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar”. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (I) Prof. Hadiyanto, S.Pd., M.Ed., Ph.D. Dosen Pembimbing (II) Prof. Dr. Drs. Hendra Sofyan, M.Si. Kata kunci: persepsi guru, media visual, peserta didik kelas 1 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru terhadap penggunaan media visual pada proses pembelajaran peserta didik kelas 1 sekolah dasar. Baik dari segi jenis media yang digunakan, dampak penggunaan media, perencanaan penggunaan media, pelaksanaan penggunaan media, evaluasi penggunaan media, kendala penggunaan media, serta upaya mengatasi kendala penggunaan media. Penelitian dilakukan di SD Negeri 07/X Parit Culum dan SD Negeri 77/X Parit Culum I pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yaitu fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari wali kelas 1 sebagai informan. Penelitian ini mengkaji segala bentuk tindakan ataupun fenomena yang dilakukan oleh informan, dengan melakukan observasi, wawancara serta dokumentasi. Selanjutnya, teknik analisis data yang digunakan yaitu model Miles & Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini berupa cara guru menggunakan media visual dalam pembelajaran di kelasnya sebagai berikut: 1). Guru me nggunakan jenis media visual yaitu gambar, kartu huruf, plastisin, dan puzzle, 2). Pemilihan media tersebut didasarkan pada kelebihan media apabila digunakan dalam pembelajaran, 3). Guru melakukan perencaan dengan membuat media, menganalisis materi serta pengelolaan kelas, 4). Guru melakukan pelaksanaan pembelajaran dengan menyampaikan tujuan pembelajaran dan materi yang akan dipelajari serta bagaimana penggunanaan media yang digunakan, 5). Melakukan evaluasi sesuai karakteristik siswa di kelas untuk mengukur ketercapaian pembelajaran yang sudah dilakukan, 6). Guru mengalami kendala berupa media yang belum memadai, kelas kurang kondusif, dan kemampuan peserta didik yang bervariasi, 7). Guru melakukan upaya mengatasi kendala dengan bekerja sama dengan pihak sekolah dan orang tua siswa yang bersangkutan. Dalam penelitian ini disarankan kepada guru agar melaksanakan proses pembelajaran menyesuaikan karakteristik siswa, lebih menekankan proses belajar peserta didik, serta meningkatkan profesionalisme dengan berbagai ide yang dapat diterapkan di kelas maupun dalam menyikapi kendala yang mungkin ditemui dalam proses pembelajaran terutama dalam penggunaan media visual di kelas 1.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Restu Mulfajril
Date Deposited: 11 Jul 2023 07:42
Last Modified: 11 Jul 2023 07:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52496

Actions (login required)

View Item View Item