ANALISIS KESULITAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS III SDN 134/I MERBAU

Br Tobing, Miranda Indah Sari (2023) ANALISIS KESULITAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS III SDN 134/I MERBAU. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (36kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (491kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB)
[img] Text
Full Skripsi Miranda.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (408kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Tobing, Miranda. 2023. Analisis Kesulitan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SDN 134/I Merbau : Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Maryono, M.Pd (II) Akhmad Faisal Hidayat, M.Pd. Kata Kunci : Kesulitan, Membaca Pemahaman, Kelas III Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kesulitan membaca pemahaman siswa kelas III Sekolah Dasar (2) Untuk mengetahui siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca pemahaman (3) Untuk mendeskripsikan faktor penyebab siswa mengalami kesulitan membaca pemahaman. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Nomor 134/I Merbau pada bulan Maret 2023. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Pengumpulan data bertujuan untuk melihat kesulitan membaca pemahaman siswa kelas III SDN 134/I Merbau. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti memilih pendekatan kualitatif dengan alasan sesuai dengan tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan kesulitan membaca pemahaman siswa kelas III SDN 134/I Merbau. Adapun subjek penelitian ini adalah guru kelas III dan siswa kelas III SDN 134/I Merbau. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan tahapan pertama reduksi data, tahapan kedua penyajian data, dan tahapan ketiga verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan membaca pemahaman siswa kelas III sekolah dasar. Siswa kelas III SDN 134/I Merbau mengalami kesulitan dalam memahami suatu bacaan. Kesulitan yang dialami siswa yaitu kesulitan dalam menangkap isi bacaan, kesulitan meringkas bacaan, kesulitan menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks bacaan dan kesulitan dalam menceritakan kembali isi dari bacaan. Kesulitan membaca pemahaman tersebut masih dialami oleh beberapa siswa kelas III SDN 134/I Merbau. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa siswa kelas III SDN 134/I Merbau berjumlah 18 siswa, dan 4 siswa yang mengalami kesulitan dalam menangkap isi bacaan dan meringkas isi bacaan, ada 5 siswa yang mengalami kesulitan menjawab pertanyaan berdasarkan isi bacaan serta rata-rata siswa di kelas III tersebut mengalami kesulitan dalam menceritakan kembali isi bacaan. Kesulitan membaca pemahaman yang dialami oleh siswa-siswa tersebut dikarenakan mereka hanya sekedar membaca tanpa memahami isi dari bacaan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan, Membaca Pemahaman, Kelas III
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: TOBING
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:30
Last Modified: 12 Jul 2023 02:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52569

Actions (login required)

View Item View Item