PENGARUH MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA KELAS V SEKOLAH DASAR

APRILIA, MELISA (2023) PENGARUH MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (411kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA...pdf

Download (299kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (225kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Aprilia, Melisa. 2023. Pengaruh Minat Baca terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman pada Kelas V Sekolah Dasar: Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Unversitas Jambi, pembimbing: (I) Drs. Maryono, M.Pd., (II) Silvina Noviyanti, S.Pd., M.Pd) Kata kunci: pengaruh, minat baca, kemampuan membaca pemahaman Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui minat baca, kemampuan membaca pemahaman serta pengaruh minat baca terhadap kemampuan membaca pemahaman di SDN No 198/I Pasar Baru kecamatan Muara Bulian, kabupaten Batanghari pada kelas V. Jenis penelitian skripsi ini adalah kuantitatif dengan jenis ex post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket untuk mengambil data minat baca serta tes untuk mengambil data kemampuan membaca pemahaman. Analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh variabel x (minat baca) terhadap variabel y (kemampuan membaca pemahaman). Hasil penelitian didapatkan bahwa minat baca peserta didik kelas V SDN No 198/I Pasar Baru rata-rata atau mean sebesar 90,56 berdasarkan kategorisasi pada tabel pada kategori tinggi. Untuk kemampuan membaca pemahaman ddaptkan rata-rata atau mean dengan menggunakan aplikasi SPSS didapatkan 79,63 dilhat dari kategori pada tabel berada pada kategori tinggi. Hasil dari uji regresi linier sederhana didapatkan bahwa: Y=26,015+0,591X. hasil pengujian hipotesis didapatkan Dilihat dari hasil thitung = 3,86 lebih besar dibandingkan dengan ttabel =2,12. Dapat disimpulkan H0 ditolak. Yang berarti terdapat pengaruh antara minat baca terhadap kemampuan membaca pemahaman

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, minat baca, kemampuan membaca pemahaman
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: APRILIA
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:30
Last Modified: 12 Jul 2023 02:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52574

Actions (login required)

View Item View Item