DIVANI, SALSA PUSPA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN TPACK GURU KELAS V DALAM MENYUSUN PERANGKAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) YANG BERBASIS HOTS DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_Salsa Puspa Divani_A1D119025.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (415kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana hasil analisis kemampuan TPACK guru kelas V dalam menyusun perangkat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang berbasis HOTS di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 13/I Muara Bulian pada semester genap Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam data ini adalah Guru kelas V SDN 13/I Muara Bulian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan pertama persiapan, kedua penelitian dan ketiga analisis data. Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui wawancara dan kajian dokumentasi, hasil penelitian menunjukan bahwa Kemampuan TPACK merupakan pengetahuan tentang interaksi yang kompleks prinsip pengetahuan (konten, pedagogi, teknologi). Pembelajaran pada masa modern menuntut pemahaman guru untuk bisa mengkolaborasikan dengan teknologi. Kemampuan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan kemampuan praktis guru dalam menyusun komponen-komponen RPP. RPP yang disusun oleh guru hendaknya sudah memuat unsur HOTS didalamnya yaitu C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi), dan C6 (menciptakan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan TPACK guru dalam menyusun RPP yang berbasis HOTS di Sekolah Dasar Negeri 13/I Muara Bulian kecamatan Muara Bulian kabupaten Batanghari. Dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang berbasis HOTS guru sudah cukup baik terlihat dari sistematika atau komponen-komponen RPP penyusunannya, dan perumusan KD dan indikator pencapaian kompetensi menggunakan kata kerja operasional HOTS. Secara keseluruhan terkait dengan kemampuan TPACK guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang berbasis HOTS di sekolah dasar SDN 13/I Muara Bulian sudah cukup baik. Dari hasil penelitian ini disarankan bagi guru kemampuan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang berbasis HOTS hendaknya lebih sering diterapkan agar sejalan dengan tuntutan pendidikan saat ini, serta untuk meningkatkan profesionalitas sebagai tenaga pendidik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEMAMPUAN TPACK, RPP BERBASIS HOTS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | DIVANI |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 01:35 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 01:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52605 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |