Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Dalam Pelayanan Di Puskesmas Tahtul Yaman Kota Jambi Tahun 2023

Putri Adinda, Dhea (2023) Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Dalam Pelayanan Di Puskesmas Tahtul Yaman Kota Jambi Tahun 2023. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (34kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (726kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Latar Belakang : Puskesmas mengalami peningkatan setiap tahunnya, peningkatan ini akan lebih baik jika diiringi dengan kepuasan yang baik. Kepuasan terhadap pelayanan bisa dilihat dari angka kunjungan yang terus meningkat. Akan tetapi pada Puskesmas Tahtul Yaman mengalami penurunan angka kunjungan pasien dalam waktu empat tahun terakhir. Penurunan ini bisa berhubungan dengan kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan bauran pemasaran dengan kepuasan pasien di Puskesmas Tahtul Yaman Kota Jambi. Metode : Penelitian menggunakan desain studi cross-sectional. Dengan populasi penelitian 7.346 pasien yang telah disampelkan menjadi 105 pasien yang dipilih melalui accidental sampling. Pengumpulan data melalui wawancara menggunakan kuesioner. Data dianalisis univariat dan bivariat melalui uji chi square. Hasil : Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan signifikan antara persepsi pasien tentang produk (Pvalue 0,000), tempat (Pvalue 0,013), orang (Pvalue 0,000), proses (Pvalue 0,000), promosi (Pvalue 0,022), bukti fisik (Pvalue 0,000) dengan kepuasan pasien. Tidak dapat disimpulkan hubungan harga dengan kepuasan pasien. Kesimpulan : Variabel yang berhubungan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Tahtul Yaman Kota Jambi adalah produk, tempat, orang, proses, promosi, bukti fisik. Kemudian tidak dapat disimpulkan hubungan variabel harga dengan kepuasan pasien. Maka dari itu bauran pemasaran perlu diterapkan oleh puskesmas sebagai strategi dalam menarik pasien untuk memilih pelayanan pada puskesmas. Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Bauran pemasaran, Puskesmas, Rawat Jalan ABSTRACT Background: public health center has increased every year, this increase will be better if it is accompanied by good satisfaction. Satisfaction with the service can be seen from the increasing number of visits. However, the Tahtul Yaman Health Center has decreased the number of patient visits in the last four years. This decrease could be related to patient satisfaction. This study aims to analyze the relationship between the marketing mix and patient satisfaction at the Tahtul Yaman Community Health Center, Jambi City. Methods : The study used a cross-sectional study design. With a study population of 7,346 patients, 105 patients were selected through accidental sampling. Collecting data through interviews using a questionnaire. Data were analyzed univariately and bivariately through the chi square test. Results: The results of this study indicate that there is a significant relationship between patient perceptions of the product (Pvalue 0.000), place (Pvalue 0.013), people (Pvalue 0.000), process (Pvalue 0.000), promotion (Pvalue 0.022), physical evidence (Pvalue 0.000) and patient satisfaction. It cannot be concluded that there is a relationship between price and patient satisfaction. Conclusion: Variables related to patient satisfaction at the Tahtul Yaman Community Health Center, Jambi City, are product, place, people, process, promotion, physical evidence. Then it cannot be concluded that there is a relationship between price variable and patient satisfaction. Therefore, the marketing mix needs to be implemented by the puskesmas as a strategy in attracting patients to choose services at the public health center Keywords : Patient Satisfaction, Marketing Mix, Public Health Center, Outpatient

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien, Bauran Pemasaran, Puskesmas, Rawat Jalan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Adinda
Date Deposited: 12 Jul 2023 06:39
Last Modified: 12 Jul 2023 06:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52616

Actions (login required)

View Item View Item