Putri, Gina Amelia (2023) Peran Guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka untuk mencapai profil pelajar pancasila di sekolah dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI_Gina Amelia Putri_A1D119020_New_8.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESHAN.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (374kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (109kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_Gina Amelia Putri_A1D119020_New_8-3.pdf Download (422kB) |
Abstract
Putri, Gina Amelia. 2023. Peran guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka untuk mencapai profil pelajar pancasila disekolah dasar : Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi.Pembimbing : (I) 1.Dr.Ahmad Hariandi, S.Pd.I., M.Ag., (II) Silvina Noviyanti, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Peran Guru, Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrispsikan suatu peran guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka melalui sebuah perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pada proses pembelajaran untuk menanamkan nilai-nilai pancasila pada siswa sehingga tercapai profil pelajar pancasila di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 13/I Muara Bulian pada semester genap Tahun Ajaran 2022/2023. Data penelitian diperoleh melalui observasi dimana pada saat penelitian dilakukan secara langsung untuk mengetahui objek tempat untuk mengetahui data utama dalam sekolah tersebut, wawancara dan dokumentasi sebagai bukti untuk membuktikan sesuatu kejadian yang terjadibukti berupa foto,audio dan video untuk sebagai penunjang objek yang terjadi. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah wali kelas. Uji validasi data menggunakan triagulasi teknik karena digunkan sebagai menguji kredibilitas data kepada sumber yang sama dengan cara mengecek data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum merdeka untuk mencapai kurikulum merdeka telah diimplementasikan di SD Negeri 13/I Muara Bulian. Tahap mengimplementasikan kurikulum merdeka sesuai yang tertuang pada kemendikbud, 2022, yaitu dimulai dari guru membuat sebuah perencanaan pembelajaran pada kurikulum merdeka lalu, guru menerapkan melakukan tindakan dalam mengimplementasikan kurikulum setelah membuat perencanaan melalui bahan ajar untuk itu dibutuhkan faktor pendukung untuk memudahkan guru dalam penerapan kurikulum sehingga dalam pembelajaran kurikulum merdeka terlaksana dengan baik hingga terbentuk pada kurikulum merdeka sebuah profil pelajar pancasila. Dari hasil penelitian yang diperoleh, untuk kegiatan yang sudah terlaksana, warga sekolah diharapkan dapat menjaga pelaksanaan dalam kegiatan agar terlaksana dengan lebih baik lagi. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat memilki manfaat bagi penelitian selajutnya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka untuk mencapai profil pelajar pancasila di sekolah dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Putri |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 01:34 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 01:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52630 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |