Fadhilah, Raihani (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTU MEDIA FLASHCARD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
Fadhilah Raihani_A1D119095_SKRIPSI_2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
|
Text
Cover_Fadhilah Raihani_A1D119095_SKRIPSI.pdf Download (63kB) |
|
Text
ABSTRAK_Fadhilah Raihani_A1D119095_SKRIPSI.pdf Download (47kB) |
|
Text
BAB I_Fadhilah Raihani_A1D119095_SKRIPSI.pdf Download (138kB) |
|
Text
Bab V_Fadhilah Raihani_A1D19095_SKRIPSI.pdf Download (53kB) |
|
Text
Daftar Pustaka_Fadhilah Raihani_A1D119095_SKRIPSI.pdf Download (187kB) |
|
Text
halaman pengesahan dan persetujuan_Fadhilah Raihani_A1D119095_SKRIPSI.pdf Download (593kB) |
Abstract
Fadhilah Raihani. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantu Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas I: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. Eko Kuntarto, M.Pd. M.Comp. Eng., (II) Khoirunnisa, M.Pd. Kata Kunci: model pembelajaran make a match, media flashcard, kemampuan membaca Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model pembelajaran make a match berbantu media flashcard dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa di kelas I. Penelitian ini dilakukan di SD N 120/IV Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, di mana data yang diambil yaitu berupa data observasi melalui lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru dengan menggunakan model pembelajaran make a match berbantu media flashcard. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahapan yaitu; perencanaa, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran make a match berbantu media flashcard dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa di kelas I SD N 120/IV Kota Jambi. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian tes siswa pada pratindakan rata-rata kemampuan membaca siswa 50,8%. Mengalami peningkatan pada siklus I rata-rata kemampuan membaca siswa sebesar 58,4% pada pertemuan pertama dengan ketuntasan siswa 8 orang atau 32% dan pada siklus I pertemuan kedua rata-rata kemampuan membaca siswa sebesar 56,6% dengan ketuntasan siswa 9 orang atau 36%. Pada siklus II rata-rata kemampuan membaca siswa mencapai 71% pada pertemuan pertama dengan kentuntasan siswa sebanyak 18 siswa atau 72% dan pada siklus II pertemuan kedua rata-rata kemampuan membaca siswa sebesar 81,8% dengan ketuntasan siswa 21 orang atau 84%. Berdasarkan temuan hasil penelitian maka dapat disimpulkan kemampuan membaca siswa meningkat pada setiap siklusnya. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat menggunakan model pembelajaran model pembelajaran make a match berbantu media flashcard ini dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa ataupun pembelajaran yang lain juga dikelas lainnya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | raihani |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 07:00 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 07:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52678 |
Actions (login required)
View Item |