Peningkatan Keterampilan Berbicara Dan Hasil Belajar Melalui Metode Simulasi Pada Siswa Kelas V

zainal, zainal and Syahrial, Syahrial and Sofyan, Hendra (2023) Peningkatan Keterampilan Berbicara Dan Hasil Belajar Melalui Metode Simulasi Pada Siswa Kelas V. S2 thesis, MAGISTER PENDIDIKAN DASAR.

[img] Text
cover.pdf

Download (199kB)
[img] Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (510kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB)
[img] Text
TESIS ZAINAL FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Zainal (2023) : Peningkatan Keterampilan Berbicara Dan Hasil Belajar Melalui Metode Simulasi Pada Siswa Kelas V Penelitian ini bertujuan untuk melihat 1) Peningkatan keterampilan berbicara melalui metode simulasi pada siswa kelas V. Memaparkan hasil proses pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara menggunakan metode simulasi pada siswa kelas V. 2) Peningkatan hasil belajar melalui metode simulasi pada siswa kelas V. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 211/X Kota Baru Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun 2022/2023 pada bulan yang dimulai pada bulan Januari. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 211/X Kota Baru Kecamatan Geragai sebanyak 20 siswa. Desain penelitian secara garis besar empat garis besar terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data, maka teknik pengumpulan data dapat dilakukan dengan interview (wawancara), kuesioner (angket), observasi (pengamatan). Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penggunaan metode pembelajaran simulasi juga dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V 211/X Kota Baru. Peningkatan keterampilan berbicara siswa dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata 63 pada pratindakan menjadi 65,225 pada siklus I dan jika dilihat dari pencapaian KKM, nilai ini belum mencapai kriteria keberhasilan penelitian sehingga dilanjutkan ke siklus II. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 65,225 pada siklus I ke 75,15 pada siklus II. Hasil pengamatan juga menunjukkan perubahan dari siklus I sampai siklus II, hal itu dibuktikan dengan meningkatnya siswa yang aktif dalam kegiatan pembelajaran. 2) Penggunaan metode pembelajaran simulasi juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V 211/X Kota Baru. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata nilai 57,25 pada pratindakan menjadi 65,25 pada siklus I dan jika dilihat dari pencapaian KKM, nilai ini belum mencapai kriteria keberhasilan penelitian sehingga dilanjutkan ke siklus II. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 65,25 pada siklus I ke 82 pada siklus II. Hasil pengamatan juga menunjukkan perubahan dari siklus I sampai siklus II, hal itu dibuktikan dengan meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Keterampilan Berbicara, Hasil Belajar, Metode Simulasi

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Zainal
Date Deposited: 12 Jul 2023 06:38
Last Modified: 12 Jul 2023 06:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52691

Actions (login required)

View Item View Item