Anjani, Pratiwi (2023) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MNEMONIK TEKNIK BERNYANYI UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
COVER.pdf Download (8kB) |
|
Text
Halaman persetujuan.pdf Download (571kB) |
|
Text
Halaman pemgesahan.pdf Download (682kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (6kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (128kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (24kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
Text
SKRIPSI FINISH ANJANI PRATIWI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Pratiwi, Anjani. 2023. Penerapan Metode Pembelajaran Mnemonik Teknik Bernyanyi Untuk Meningkatkan Daya Ingat Peserta Didik Pada Pelajaran Matematika Di Kelas III Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Dr. Dra. Irma Suryani, M. Pd., (2) Silvina Noviyanti, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Metode, Mnemonik Teknik Bernyanyi, Daya Ingat Penelitian ini dilakukan di SD 80/I Muara Bulian pada kelas IIIA. Hasil observasi awal memperlihatkan kemampuan daya ingat matematika peserta didik masih lemah dalam pembelajaran matematika, maka diperlukan perbaikan proses pembelajaran dengan Penerapan Metode Pembelajaran Mnemonik Teknik Bernyanyi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan daya ingat peserta didik dengan menerapkan metode pembelajaran mnemonik teknik bernyanyi Pada pelajaran matematika di kelas III SD Negeri 80/I Muara Bulian. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Model tindakan kelas yang digunakan adalah model PTK Kemmis dan MC Taggart dengan 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi dan wawancara tidak terstruktur dan data kuantitatif diperoleh melalui tes. Hasil penelitian pada akhir siklus 1 yaitu sesbesar 41%. proses yang dilakukan pada siklus I yaitu lagu masih dilakukan secara manual dan lirik lagu masih ditulis di papan tulis dan pada akhir siklus II memperoleh hasil sebesar 82%. proses yang dilakukan pada siklus II yaitu dengan menyanyikan lagu menggunakan speaker dan pemberian reward. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran mnemonik teknik bernyanyi dengan menggunakan speaker dan pemberian reward dinyatakan dapat meningkatkan daya ingat peserta didik pada pelajaran matematika di kelas III SD Negeri 80/I Muara Bulian yang ditandai dengan tercapainya indikator keberhasilan sebesar 70% .
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode, Mnemonik Teknik Bernyanyi, Daya Ingat |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | PRATIWI |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 01:31 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 01:31 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52717 |
Actions (login required)
View Item |