Maisyaroh, Ummaya (2023) Pengaruh Metode Proyek Terhadap Tanggung Jawab Anak Kelompok B di TK IT An-Nahl Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (287kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (495kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (501kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (336kB) |
Abstract
ABSTRAK Maisyaroh, Ummaya N. 2023. Pengaruh Metode Proyek Terhadap Tanggung Jawab Anak Kelompok B di TK IT An-Nahl Kota Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Drs. Irzal Anderson, M.Si., (II) Winda Sherly Utami, M.Pd. Kata kunci: metode proyek, tanggung jawab Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil pengamatan peneliti di lapangan yang menunjukan bahwa tanggung jawab yang dimiliki anak kelompok B di TK IT An-Nahl Kota Jambi belum berkembang dengan baik. Hal ini dibuktikan dari temuan awal yaitu pada saat proses pembelajaran masih ada anak yang belum mampu mengerjakan tugas sesuai yang diintruksikan guru, anak belum mampu menyelesaikan tugas sesuai waktu yang ditentukan, anak masih belum fokus terhadap tugasnya, dan anak banyak yang masih meletakan tasnya dilantai dan tidak pada tempatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode proyek terhadap tanggung jawab anak kelompok B. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelompok B di TK IT An-Nahl Kota Jambi yang berjumlah 23 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampling Purposive, 13 anak (kelompok B1). Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Hipotesis atau uji t menggunakan rumus Paired T-Test. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa t-hitung > t-tabel yaitu 20.397 > 2.201 pada taraf signifikanα = 0.05. Hal ini berarti adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode proyek terhadap tanggung jawab anak kelompok B1 di TK IT An-Nahl Kota Jambi, yaitu berada pada interpretasi kuat dengan nilai 3,54 yang berada pada rentang > 1.00 dengan interpretasi kuat atau Strong Effect. Dengan demikian, metode proyek dapat digunakan dalam proses pembelajaran guna mengembangkan dan menumbuhkan tanggung jawab pada anak.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Proyek, Tanggung Jawab |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Maisyaroh |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 03:24 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 03:24 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52774 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |