Strategi Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Pasca Pandemi Covid-19 Tingkat SMP Se-Kota Jambi

Fakhruddin, Muhammad Fikri (2023) Strategi Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Pasca Pandemi Covid-19 Tingkat SMP Se-Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (59kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik menjadi manusia seutuhnya. Untuk itu diperlukan proses pembelajaran yang kondusif agar pembelajaran tersebut berjalan dengan lancar, peserta didik harus mematuhi tata tertib dan bersikap disiplin. Tetapi kedua hal ini cenderung menurun ketika sekolah kembali memberlakukan pembelajaran secara tatap muka setelah pandemi Covid-19. Salah satu pencegahan yang bisa dilakukan untuk mengurangi sikap ketidakdisiplinan peserta didik yang rendah tersebut diantaranya dilakukan oleh Guru BK yaitu dengan memberikan layanan konseling. Guru BK tentu saja sudah menerapkan strategi untuk mengatasi masalah kedisiplinan peserta didik ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas strategi yang digunakan guru BK dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik pada aspek kedisiplinan dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru, memperhatikan/menyimak kegiatan pembelajaran, partisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran, menyelesaikan tugas dari guru dengan tepat waktu. Penelitian ini memakai desain penelitian studi lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan penyebaran angket. Angkat ditujukan untuk guru mata pelajaran Bimbingan Konseling (BK) di sekolah menengah pertama negeri di Kota Jambi. Teknik pengumpulan secara deskriptif dengan bentuk skala likert Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi yang telah digunakan untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik pasca Covid-19 di SMP se-Kota Jambi, dapat disimpulkan bahwa strategi guru BK tersebut sangat efektif diterapkan pada peserta didik karena ada peningkatan kedisiplinan peserta didik pada aspek memperhatikan/menyimakkegiatan pembelajaran, partisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran, menyelesaikan tugas dari guru dengan tepat waktu. Walaupun demikian masih ada beberapa hal yang masih perlu diperhatikan oleh guru BK yaitu komunikasi agar lebih mengenal potensi yang dimiliki peserta didik. National education aims to develop the potential of students to become fully human beings. For this reason, a conducive learning process is needed so that learning runs smoothly, students must obey the rules and be disciplined. However, these two things tend to decline when schools return to face-to-face learning after the Covid-19 pandemic. One of the preventions that can be done to reduce the low indiscipline of students is carried out by the BK teacher, namely by providing counseling services. The BK teacher, of course, has implemented a strategy to overcome the disciplinary problems of these students. This study aims to find out how the quality of the strategy used by the counseling teacher in improving student learning discipline in the aspect of discipline in doing assignments given by the teacher, paying attention/listening to learning activities, active participation in learning activities, completing assignments from the teacher in a timely manner. This study used a field study research design using a quantitative approach. Data collection was carried out using observation techniques, interviews and questionnaires. Lift is intended for Counseling Guidance (BK) subject teachers in public junior high schools in Jambi City. Descriptive collection technique using a Likert scale The results of this study show that there is a significant influence between the strategies that have been used to improve the discipline of post-Covid-19 students in SMPs throughout Jambi City. It can be concluded that the counseling teacher's strategy is very effectively applied to students because there is an increase in student discipline aspects of paying attention/listening to learning activities, active participation in learning activities, completing tasks from the teacher in a timely manner. Even so, there are still a number of things that need to be considered by the counseling teacher, namely communication in order to get to know the potential of students.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Kedisiplinan, Pandemi, Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: FAKHRUDDIN
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:08
Last Modified: 17 Jul 2023 07:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52788

Actions (login required)

View Item View Item