Hilmy Fardiyah, Elza (2023) HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN HARGA DIRI PADA SISWA SMK NEGERI 1 kERINCI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (275kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (531kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (277kB) |
Abstract
ABSTRAK Latar Belakang : Remaja adalah kelompok usia dengan penggunaan media sosial paling tinggi di Indonesia yaitu mencapai 75,50%. Tingginya penggunaan media sosial ini berdampak kepada konsep diri remaja terutama harga diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan media sosial dengan harga diri pada siswa SMK Negeri 1 Kerinci. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode korelasional dengan desain cross-sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan Probability Random Sampling dengan instrument penelitian berupa kuesioner RSES (Rosenberg Self-Esteem Scale) dan BSMAS (Bergen Social Media Addiction Scale). Analisa data menggunakan Analisa univariat dan Analisa bivariat dengan uji korelasi Kendal-Tau dengan jumlah 94 sampel dari 624 populasi. Hasil : Hasil uji korelasi Kendal-Tau diperoleh p-value 0,001<0,05 menunjukkan terdapat hubungan antara penggunaan media sosial dengan harga diri siswa di SMK Negeri 1 Kerinci. Kesimpulan : Dari 94 responden didapatkan bahwa penggunaan media sosial tertinggi terdapat pada kriteria alert dan harga diri siswa cenderung berada pada kategori rendah, artinya variabel penggunaan media sosial memiliki hubungan dengan variabel harga diri siswa di SMK Negeri 1 Kerinci. Disarankan kepada siswa untuk dapat mengontrol penggunaan media sosial dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci : Penggunaan Media Sosial, Harga Diri, Remaja ABSTRAK Background: Teenagers are the age group with the highest use of social media in Indonesia, reaching 75.50%. The high use of social media has an impact on adolescent self-concept, especially self-esteem. This study aims to determine the relationship between social media use and self-esteem in students of SMK Negeri 1 Kerinci. Method: This research is a quantitative research that uses a correlational method with a cross-sectional design. The sampling technique uses Probability Random Sampling with research instruments in the form of RSES (Rosenberg Self-Esteem Scale) and BSMAS (Bergen Social Media Addiction Scale) questionnaires. Data analysis using univariate analysis and bivariate analysis with Kendal-Tau correlation test with a total of 94 samples from 624 populations. Results: The results of the Kendal-Tau correlation test obtained a p-value of 0.001<0.05 show that there is a relationship between the use of social media and the self-esteem of students at SMK Negeri 1 Kerinci. Conclusion: From 94 respondents, it was found that the highest use of social media was found in the alert criteria and students' self-esteem tended to be in the low category, meaning that the variable of social media use had a relationship with the variable of student self-esteem at SMK Negeri 1 Kerinci It is recommended to students to be able to control the use of social media in daily life. Keywords: Social Media Use, Self-Esteem, Teens
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penggunaan media sosial,Harga diri, Remaja |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Fardiyah |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 02:06 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 02:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52789 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |