Maharani, Dilla (2023) Desain E-Modul Berbasis Concept-Rich Instruction Berbantuan Wondershare Quiz Creator Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Teori Peluang. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
ABSTRAK (A1C219003).pdf Download (32kB) |
|
Text
BAB I (A1C219003).pdf Download (317kB) |
|
Text
BAB V (A1C219003).pdf Download (42kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN (A1C219003).pdf Download (118kB) |
|
Text
Halaman Persetujuan Dilla Maharani.pdf Download (257kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (74kB) |
|
Text
SKRIPSI DILLA MAHARANI (A1C219003).pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Maharani, Dilla. 2023. Desain E-Modul Berbasis Concept-Rich Instruction Berbantuan Wondershare Quiz Creator Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Teori Peluang: Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Sufri, M.Si. (II) Feri Tiona Pasaribu, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: E-Modul, Concept-Rich Instruction, Wondershare Quiz Creator, Pemahaman Konsep, Teori Peluang Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mendeskripsikan e-modul berbasis Concept-Rich Instruction berbantuan Wondershare Quiz Creator untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi teori peluang serta mendeskripsikan kualitas dari e-modul yang didesain. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yaitu Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini terdiri dari Dosen Pendidikan Matematika Universitas Jambi sebagai tim ahli yang terdiri dari ahli materi dan ahli desain, guru matematika kelas XII IPA 2 SMA N 9 Kota Jambi serta 35 orang siswa kelas XII IPA 2 SMA N 9 Kota Jambi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar validasi ahli, angket praktikalitas, angket respon siswa serta tes kemampuan pemahaman konsep. Penelitian ini menghasilkan e-modul berbasis Concept-Rich Instruction berbantuan Wondershare Quiz Creator yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi teori peluang dengan format pdf dan html yang dapat diakses menggunakan tautan link. Uraian materi pada e-modul ini disusun berdasarkan kerangka kerja Concept-Rich Instruction yaitu praktik, dekontekstualisasi, mengungkapkan generalisasi dalam kata-kata, rekontekstualisasi, dan realisasi serta soal-soal latihan disajikan berbantuan aplikasi Wondershare Quiz Creator. Kualitas e-modul berbasis Concept-Rich Instruction berbantuan Wondershare Quiz Creator pada materi teori peluang ini dinilai dari tiga aspek kelayakan yaitu aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil validasi e-modul pada aspek materi diperoleh hasil 91,4% dan pada aspek desain diperoleh hasil 92,8% dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan e-modul oleh guru memperoleh hasil 88,9% dan hasil uji kepraktisan oleh siswa memperoleh hasil 87,6% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji keefektifan oleh siswa diperoleh hasil 87,1% dengan kategori sangat efektif dan hasil tes kemampuan pemahaman konsep siswa yang menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa setelah menggunakan e-modul dalam proses pembelajaran. Sehingga, e-modul berbasis Concept-Rich Instruction berbantuan Wondershare Quiz Creator pada materi teori peluang ini layak digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi teori peluang.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Concept-Rich Instruction, Wondershare Quiz Creator, Pemahaman Konsep, Teori Peluang |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Maharani |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 02:25 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 02:25 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52810 |
Actions (login required)
View Item |