Voriani Putri, Vifi (2023) Analisis Kreativitas dan Literasi Sains Siswa Melalui Model Pembelajaran Project-Based Learning Pada Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (6kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (21kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (210kB) |
Abstract
Kurikulum Merdeka, salah satu model pembelajaran yang digunakan yakni model pembelajaran Project-based Learning. Pembelajaran berbasis proyek (Project-based Learning) dapat digunakan sebagai model pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan kreativitas dan literasi sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Project-based Learning pada pelaksanaan kurikulum merdeka, kemudian menganalisis kreativitas dan literasi sains siswa melalui model pembelajaran Project-based Learning pada pelaksanaan kurikulum merdeka kelas X SMA Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu lembar observasi, angket, instrumen tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project-based Learning pada pelaksanaan kurikulum merdeka sudah terlaksana sesuai dengan sintaks. Berdasarkan hasil angket kreativitas siswa terdiri dari lima indakator yaitu: fluency, flexibility, problem sensitivity, originality, dan elaboration termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil tes literasi sains siswa satu indikator termasuk dalam kategori baik yaitu memahami fenomena ilmiah. Kemudian empat indikator termasuk dalam kategori sangat baik yaitu mengidentifikasi permasalahan ilmiah, menjelaskan fenomena ilmiah, menggunakan bukti ilmiah, dan pemahaman terhadap pengetahuan sains. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran Project-based Learning dapat meningkatkan kreativitas dan literasi sains siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas, Literasi Sains, Project Based Learning, Kurikulum Merdeka. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | PUTRI |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 02:51 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 02:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52818 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |