Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Menulis Teks Eksplanasi di Kelas VIII A SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi

Sayuti, Fatisa and Pahar, Eddy and Yusra, Hilman (2023) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Menulis Teks Eksplanasi di Kelas VIII A SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Skirpsi Fatisa full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (28kB)
[img] Text
Lembar persetujuan.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
daftar Rujukan.pdf

Download (107kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.d/

Abstract

Sayuti, Fatisa Miftahurrizkia. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Project Based learning dalam Menulis Teks Eksplanasi di Kelas VIII A SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Eddy Pahar Harap, M.Pd., (II) Hilman Yusra, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Project Based Learning, Teks Ekplanasi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model project based learning dalam menulis teks ekplanasi di kelas VIII A SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi. Subjek dari penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII A SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Data yang didapatkan dari penelitian ini berupa hasil observasi, hasil wawancara bersama guru terkait proses penerapan model pembelajaran project based learning, hasil dokumentasi, serta hasil proyek siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model project based learning pada pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa di kelas VIII A SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi, pada langkah pertama yakni penentuan proyek, langkah kedua mendesaian perencanaan proyek, langkah ketiga menyusun jadwal, dan langkah keempat guru memonitoring proses dan kemajuan proyek siswa, terlaksana dengan baik. Namun pada langkah kelima yaitu menguji hasil proyek, belum terlaksana dengan baik karna keterbatasan waktu sehingga guru menilai berdasarkan hasil proyek siswa saja, dan pada langkah terakhir evaluasi pembelajaran terlaksana dengan baik kembali. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning dalam menulis teks ekplanasi di kelas VIII A SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi secara keseluruhan terlaksana dengan baik, sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran project based learning yang telah dirancang pada modul ajar.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Teks eksplanasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: sayuti
Date Deposited: 13 Jul 2023 04:19
Last Modified: 13 Jul 2023 04:19
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52824

Actions (login required)

View Item View Item