Pengaruh Penyesuaian Diri Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA N 10 Muaro Jambi

kumala sari, puspa (2023) Pengaruh Penyesuaian Diri Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA N 10 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB)
[img] Text
Skripsi Full 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
pengesahan PDF 20230713 11.16.12.pdf

Download (121kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Puspa Kumala Sari. 2023. “Pengaruh Penyesuaian Diri Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA N 10 Muaro Jambi. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Nelyahardi Gutji, M.Pd, (II) Rully Andi Yaksa, S.Pd M.Pd. SMA N 10 Muaro Jambi khususnya kelas X memiliki karekteristik yang berbeda, dimana dimasa covid-19 sistem pembelajaran dilaksanakan melalui daring, khussunya kelas X siswa yang baru pindah dari jenjang pendidikan menegah pertama ke pendidikan menegah atas atau SMA sangatlah berbeda, pada saat ini cara belajar yang berbeda guru yang menjadi tenaga pengajar juga berbeda, sehingga disini siwa diharuskan memiliki penyesuaian diri yang baik, karena penyesuaian diri sangat penting bagi siswa itu sendiri didalam kehidupannya dan tidak dapat di pisahkan sejak dari lahir seperti percaya diri, kemampuan atau dorongan pada dirinya dan begitu pula dengan belajar dimana siswa harus dituntut untuk belajar dari ia dilahirkan maka bila penyesuaian diri itu baik atau buruk begitu pula dengan hasil belajarnya jadi penyesuaian diri sangat berkaitan dengan hasil belajarmaupun ketika disekolah seperti siswa itu bersikapbaik maupu tidak baik yang terdukung pada jasmani dan kematangan siswa itu sendiri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Ex post facto. Dengan demikian, maka pada penelitian ini akan diungkap keadaan subjek/lapangan sebagaimana adanya, dengan menganalisa data-data yang ada dilapangan tentang penyesuaian diri siswa dengan hasil belajar siswa di SMA N 10 Muaro Jambi. Jadi berdasarkan teknik pengambilan sampel proportional atau berimbang, jumlah sampel untuk penelitian pada siswa kelas X di SMA N 10 Muaro Jambi sebanyak 71 siswa. Berdasarkan hasil penelitian jumlah nilai bobot yang diperoleh adalah sebesar 1958 dengan besarnya nilai persentase rata-rata yang diperoleh adalah 73%. Dengan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa variabel penysuaian diri siswa berada pada tingkatan yang sedang. dengan dk, untuk uji dua pihak t 0,95 = 1,6672 mudah dilihat bahwa 2,292141> 1,6672 maka variable penyesuaian diri siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Simpulan penelitian ini yaitu terdapat Pengaruh Penyesuaian Diri Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA N 10 Muaro Jambi Kata Kunci: Penyesuaian Diri Siswa, Hasil Belajar Siswa

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian Diri Siswa, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: SARI
Date Deposited: 13 Jul 2023 06:39
Last Modified: 13 Jul 2023 06:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52826

Actions (login required)

View Item View Item