Desain E-Modul Berbasis Case Based Learning (CBL) dengan Berbantuan Liveworksheet untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret

Almunawaroh, Ummi (2023) Desain E-Modul Berbasis Case Based Learning (CBL) dengan Berbantuan Liveworksheet untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
SKRIPSI UMMI ALMUNAWAROH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (127kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mendeskripsikan suatu bahan ajar berupa e-modul berbasis Case Based Learning (CBL) dengan Berbantuan Liveworksheet untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi barisan dan deret. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yatu analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah Dosen pendidikan matematika Universitas Jambi sebagai tim ahli yang terdiri dari ahli materi dan ahli desain, guru matematika kelas XI SMA Negeri 1 Kota Sungai Penuh, serta peserta didik kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Kota Sungai Penuh. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa e-modul didesain dengan menggunakan aplikasi canva, isi materi barisan dan deret pada e-modul berbasis tahapan case based learning (CBL) yaitu menetapkan kasus, menganalisa kasus, menemukan bukti pendukung lainnya, menentukan langkah penyelesaian, membuat kesimpulan, mempresentasikan hasil, dan melakukan perbaikan jawaban yang kurang tepat. E-modul yang didesain memuat latihan soal berbatuan liveworksheet , contoh soal, evaluasi belajar setiap kegiatan belajar, evaluasi akhir dan kunci jawaban. E-modul yang didesain memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Presentase kevalidan e-modul dari ahli materi adalah 94,66% (sangat valid) dan dari ahli desain adalah 83,07% (sangat valid). Presentase kepraktisan e-modul oleh guru yaitu 98,46% (sangat praktis) dan oleh peserta didik yaitu sebesar 93,58% (sangat praktis). Persentase kefektifan e-modul dari angket respon peserta didik 88,31% (sangat efektif), dan berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kritis diperoleh 32 orang mengalami peningkatan kemampuan dalam kategori tinggi dan atau sedang yang memiliki rata-rata Gain sebesar 76,05% (efektif). peneliti menyarankan agar penelitian selanjutnya dapat mengembangkan e-modul yang lebih inovatif dan menarik bagi peserta didik dalam pembelajaran matematika. Kata Kunci: Barisan dan Deret , Case Based Learning, E-modul, Kemampuan Berpikir Kritis, Liveworksheet

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Almunawaroh
Date Deposited: 13 Jul 2023 01:43
Last Modified: 13 Jul 2023 01:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52832

Actions (login required)

View Item View Item