Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi Environmental Issues Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X di SMAN 2 Muaro Jambi

Situmorang, Winda (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi Environmental Issues Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X di SMAN 2 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (248kB)
[img] Text
Halaman pengesahan.pdf

Download (993kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (459kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (365kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (237kB)
[img] Text
full skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (468kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Environmental Issues, Berpikir Kritis. Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan untuk memproses informasi di era dunia yang makin berkembang ini. Kemampuan berpikir kritis siswa di SMAN 2 Muaro Jambi masih belum optimal. Salah satu penyebab hal tersebut adalah kemampuan berpikir kritis siswa yang belum optimal. Di SMAN 2 Muaro Jambi, pembelajaran saat ini belum efektif dan dilakukan cenderung teacher centered yang membuat siswa lebih banyak menerima informasi dari guru sehingga siswa menjadi pasif. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi Environmental Issues. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi Environmental Issues terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Muaro Jambi pada Mei 2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan Non-Equivalent pretestpostest control group design. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel penelitian yaitu kelas 10 MIPA 2 dan X MIPA 3. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan lembar keterlaksanaan model pembelajaran. Data kemampuan berpikir kritis dianallisis secara kuantitatif dengan rumus persentase dan uji Ancova. Hasil uji One Way Ancova menunjukkan bahwa terdapat pengaruh besar dari penerapan model (kelas eksperimen dengan model PBL terintegrasi Environmental Issues, Kelas Kontrol dengan menggunakan model Direct Instruction) terhadap kemampuan berpikir kritis akhir siswa dengan mengontrol kemampuan berpikir kritis awal siswa yaitu [F(1,57) = 15,052, p < 0,001, ηp 2 = 0,209]. Terdapat pengaruh apabila nilai p < 0,05, pengaruh dinyatakan besar apabila nilai partial eta squared (ηp2) ≥ 0,14. Terdapat nilai partial eta squared (ηp2) 0,209 > 0,14, maka dapat disimpulkan bahwa pengaruhnya signifikan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Environmental Issues, Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: SITUMORANG
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:51
Last Modified: 13 Jul 2023 02:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52852

Actions (login required)

View Item View Item