PENGEMBANGAN BUKU POPULER BRIKET KOMPOS DAUN NANAS DALAM UPAYA MENUMBUHKAN JIWA ENTREPRENEURSHIP NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK PROVINSI JAMBI

Ikhwal, Muhamad (2023) PENGEMBANGAN BUKU POPULER BRIKET KOMPOS DAUN NANAS DALAM UPAYA MENUMBUHKAN JIWA ENTREPRENEURSHIP NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK PROVINSI JAMBI. S1 thesis, Pendidikan Fisika.

[img] Text
cover (2).pdf

Download (25kB)
[img] Text
skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
halaman pengesahan dan persetujuan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB I-2.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (386kB)

Abstract

Kurangnya edukasi mengenai kearifan lokal di sekolah menjadi salah satu faktor anak muda buta akan budaya. Salah satu faktornya yaitu kurangnya pengetahuan guru dalam mengaitkan pengetahuan masyarakat ke pengetahuan sains. Kebanyakan siswa disekolah masih kesulitan dalam memahami materi yang abstrak seperti materi gelombang bunyi. Hal ini sejalan dengan temuan yang didapatkan pada saat melakukan studi awal disekolah. Ada banyak penelitian yang memberikan solusi dalam mengatasinya, salah satunya yaitu menggunakan video sebagai media pembelajaran disekolah. Terdapat banyak video pembelajaran yang tersedia di internet yang dapat menjadi sumber belajar bagi siswa, namun masih menggunakan medel pembelajaran konvesional. Berdasarkan masalah dan analisis kebutuhan maka dikembangkan video pembelajaran berbasis kearifan lokal pada materi gelombang bunyi dalam tradisi kenduri sko Kerinci. Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan produk dan respon siswa terhadap video pembelajaran berbasis kearifan lokal pada materi gelombang bunyi dalam tradisi kenduri sko Kerinci. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan model pengembangan four-4 (4D). Prosedur penelitian yang dilakukan yaitu meliputi tahap pendefinisian (Define), perancangan (design), dan pengembangan (development). Kelayakan video pembelajaran ditinjau dari lembar validasi ahli media, ahli materi dan angket respon siswa. adapun hasil dari penelitian pengembangan ini yaitu produk berupa video pembelajaran berbasis kearifan lokal pada materi gelombang bunyi dalam tradisi kenduri sko Kerinci. Hasil validasi ahli media dan ahli materi dinyatakan sangat valid dengan rata-rata persentase kevalidan atau kelayakan media sebesar 97% dan kelayakan atau kevalidan materi sebesar 90,83%. Keefektifan media diukur dengan menggunakan angket respon siswa yang memperoleh kriteria sangat efektif dengan rata-rata sebesar 84.30%.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Depositing User: IKHWAL
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:40
Last Modified: 14 Jul 2023 02:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52884

Actions (login required)

View Item View Item