PENGEMBANGAN PERANGKAT ASESMEN KEMAMPUAN SPASIAL MENGGUNAKAN PROJECT BASED INSTRUCTION PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP IT AN NAHL PERCIKAN IMAN JAMBI

Indriani, Dina (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT ASESMEN KEMAMPUAN SPASIAL MENGGUNAKAN PROJECT BASED INSTRUCTION PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP IT AN NAHL PERCIKAN IMAN JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (197kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (28kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (117kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf - Published Version

Download (46kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version

Download (6MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP IT An Nahl Percikan Iman Jambi dan hasil wawancara yang dilakukan dengan guru matematika, pembelajaran materi bangun ruang sisi datar dilaksanakan dengan meminta siswa berdiskusi secara kelompok dan menyelesaikan LKPD yang diberikan kepada siswa. Dalam kegiatan penilaian, guru tidak menilai kemampuan tertentu seperti kemampuan spasial yang dibutuhkan dalam pembelajaran materi bangun ruang sisi datar dan sikap yang diperhatikan hanya keaktifan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat asesmen kemampuan spasial menggunakan project based instruction pada materi bangun ruang sisi datar dan mengetahui kualitas dari perangkat asesmen yang dikembangkan berdasarkan uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Subjek dalam penelitian ini adalah validator ahli produk, dan guru serta siswa kelas VIII Cordova SMP IT An Nahl Percikan Iman Jambi yang berjumlah 19 orang. Pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang telah diadaptasi menjadi 7 tahapan. Hasil dari penelitian ini adalah perangkat asesmen kemampuan spasial menggunakan project based instruction pada materi bangun ruang sisi datar memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kata kunci : asesmen, kemampuan spasial, project based instruction

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: asesmen, kemampuan spasial, project based instruction
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: INDRIANI
Date Deposited: 13 Jul 2023 06:59
Last Modified: 13 Jul 2023 06:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52886

Actions (login required)

View Item View Item