S, ANNISYA (2023) PERLINDUNGAN HUKUM PELAKU USAHA ONLINE SHOP DALAM TRANSAKSI JUAL BELI DENGAN METODE PEMBAYARAN COD DI KOTA JAMBI. S1 thesis, HUKUM BISNIS.
![]() |
Text
SKRIPSI NISYA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (46kB) |
![]() |
Text
persetujuan&pengesahan skripsi.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (297kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (40kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (106kB) |
Abstract
ABSTRAK Tujuan dari penelitian adalah 1) untuk mengetahui dan menganalisi pelaksanaan hak dan kewajiban pelaku usaha online shop dan konsumen dalam transaksi online di Kota Jambi, 2) untuk mengetahui dan menganalisis penyelesaian terhadap kerugian pelaku usaha online shop atas terjadinya wanprestasi jika hak-haknya dirugikan dengan metode pembayaran COD di Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah Yuridis Empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hak dan Kewajiban para pihak dalam bertransaksi online belum terlaksanna sebagaimana mestinya karena ada beberapa konsumen yang melakukan pelanggaran dengan membatalkan pesanan secara sepihak. Apabila konsumen melakukan tindakan pelanggaran hukum yang secara nyata telah melanggar kesepakatan maka konsumen telah melanggar hak pelaku usaha untuk menerima pembayaran yang sesuai dengan kesepakatan mengenai kondisi dan nilai tukar barang dan jasa yang diperdagangkan. Pelaku usaha online shop juga menyebutkan bahwa masih banyaknya konsumen yang beriktikad tidak baik kepada pelaku usaha, dengan melakukan pembatalan pesanan secara sepihak yang menyebabkan pelaku usaha rugi para pelaku usaha online shop bahwa masih banyaknya konsumen yang beriktikad tidak baik kepada pelaku usaha, dengan melakukan pembatalan pesanan secara sepihak yang menyebabkan pelaku usaha rugi, tetapi pelaku usaha tidak pernah melakukan tuntutan atas dasar wanprestasi kepada konsumen. Kata Kunci : COD, Online Shop, Pelaku Usaha. ABSTRACT The purpose of this research is 1) to find out and analyze the implementation of the rights and obligations of online shop business actors and consumers in online transactions in Jambi City, 2) to find out and analyze the settlement of losses for online shop business actors for default if their rights are harmed by the method COD payment in Jambi City. The research method used in this thesis is Juridical Empirical. The results of the study show that the rights and obligations of the parties in online transactions have not been implemented properly because there are some consumers who commit violations by canceling orders unilaterally. If the consumer commits an act of violating the law which has clearly violated the agreement, the consumer has violated the right of the business actor to receive payment in accordance with the agreement regarding the conditions and exchange rates of goods and services being traded. The online shop business actors also stated that there are still many consumers who have bad intentions towards business actors, by canceling orders unilaterally which causes business actors to suffer losses, online shop business actors that there are still many consumers who have bad intentions towards business actors, by canceling orders. unilaterally causing business actors to suffer losses, but business actors have never made claims based on default on consumers. Keywords: Business Actor, COD, Online Shop.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | K Law > KD England and Wales K Law > KD England and Wales > KDC Scotland |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | S |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 04:23 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 03:13 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52890 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |