Oktavia, Mutyara Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Modelling Mathematics menggunakan Koleksi Museum Siginjei pada Materi Segiempat kelas VII SMPT. UNJA.
Text
Cover.pdf Download (22kB) |
|
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (481kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (39kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (208kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (42kB) |
Abstract
Oktavia, Mutyara. 2018. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Modelling Mathematics menggunakan Koleksi Museum Siginjei pada Materi Segiempat Kelas VII SMP: Skripsi, Jurusan Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Sofnidar, M.Si., (II) Drs. Husni Sabil, M.Pd., Kata kunci: pengembangan, LKPD, modelling mathematics, museum siginjei, segiempat. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk lembar kegiatan peserta didik (LKPD) berbasis modelling mathematics menggunakan koleksi museum siginjei pada materi segiempat kelas VII SMP, dan mengetahui efektivitas lembar kegiatan peserta didik (LKPD) berbasis modelling mathematics menggunakan koleksi museum siginjei pada materi segiempat kelas VII SMP. Penelitian ini dilakukan di SMPN 22 Kota Jambi pada Mei 2018. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan uji coba perorangan terhadap salah satu guru mata pelajaran matematika dengan memberikan angket penilaian guru, dan uji coba kelompok kecil terhadap peserta didik yang berjumlah 8 orang dengan cara memberikan angket respon peserta didik kepada masing-masing peserta didik. Sebelum memberikan angket terlebih dahulu guru dan peserta didik diberikan LKPD yang telah dikembangkan. Setelah angket dikembalikan barulah data dianalisis secara kuantitatif dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk LKPD yang dikembangkan layak digunakan bagi guru dan peserta didik. Hal ini dapat dibuktikan dari penilaian guru terhadap LKPD yang dikembangkan adalah 85% dengan kategori “baik” dan respon peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan memakai LKPD berbasis modelling mathematics dengan menggunakan koleksi museum siginjei pada materi segiempat kelas VII SMPN 22 Kota Jambi yang memperoleh rata-rata 91,40% dengan kategori “sangat positif”. Dari hasil peneltian ini disarankan agar guru matematika dapat menggunakan LKPD berbasis modelling mathematics dengan menggunakan koleksi museum siginjei pada materi segiempat kelas VII SMP ini secara langsung ataupun sebagai referensi belajar peserta didik, karena akan membuat peserta didik lebih termotivasi dan tertarik dalam mempelajari matematika, serta mempermudah guru dalam menyampaikan materi. Sehingga, peserta didik lebih mudah memahami konsep materi yang diajarkan, serta mampu dalam menyelesaiakan masalah matematika yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | MUTYARA OKTAVIA |
Date Deposited: | 17 Sep 2018 08:27 |
Last Modified: | 17 Sep 2018 08:27 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5293 |
Actions (login required)
View Item |