LATHIFA, ANGGIA RAHMA (2023) Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Model Pembelajaran IMPROVEdi Kelas VIII SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
SKRIPSI FULL.pdf Download (5MB) |
|
Text
Halaman Judul.pdf Download (254kB) |
|
Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (412kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (326kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (344kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (101kB) |
Abstract
ABSTRAK Lathifa, Anggia Rahma. 2023. Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Model Pembelajaran IMPROVEdi Kelas VIII SMP: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Dewi Iriani, M.Pd., (II) Feri Tiona Pasaribu, M. Pd. CIT Kata kunci: perbandingan, pemecahan masalah, Missouri Mathematics Project (MMP), IMPROVE. Kemampuan Pemecahan Masalah siswa merupakan salah satu tujuan yang diharapkan dapat berkembang dengan optimal pada diri siswa. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Jambi, diketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah. Siswa masih kesulitan dalam memahami dan mengerjakan suatu permasalahan matematika non rutin. Masalah ini dapat diatasi dengan menerapkan model pembelajaran MMP dan model pembelajaran IMPROVE. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diterapkan model pembelajaran MMP dan model pembelajaran IMPROVE di kelas VIII SMPN 9 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan Quasi Experimental Design. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Jambi yang berjumlah 251 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, kelas VIII G terpilih sebagai kelas eksperimen I (model pembelajaran MMP) dan kelas VIII E (model pembelajaran IMPROVE) terpilih sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berupa soal essay untuk melihat kemampuan pemecahan maslaash siswa. Data tes dianalisis menggunakan uji satu pihak yaitu pihak kanan dengan uji-t. Dari hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa rata-rata tes hasil tes kemampuan pemecahan masalah diketahuirata-rataskorteskelaseksperimen Iadalah 76,56 dan diperoleh rata-rata tes pada kelas eksperimen II sebesar 71,25. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) lebih baik dari pada siswa yang mengikuti model pembelajaran IMPROVE.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perbandingan, pemecahan masalah, Missouri Mathematics Project (MMP), IMPROVE |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LATHIFA |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 07:00 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 07:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52946 |
Actions (login required)
View Item |