HAMIDAH, HAMIDAH PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI. JURNAL PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI.
Text
ARTIKEL.pdf Download (840kB) |
Abstract
ABSTRAK Hamidah. 2018. Pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Pembimbing (1) Prof. Drs. Dr. H. Ekawarna M.Psi (II) Siti Syuhada, S.Pd., M.E Kata Kunci. Lingkungan keluarga, motivasi belajar, hasil belajar siswa mata pelajaran sejarah Rendahnya hasil belajar siswa merupakan faktor yang mempengaruhi siswa yaitu faktor internal dan eksternal, yang merupakan salah satu masalah yang dihadapi dalam pendidikan, faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar berupa dari dalam diri siswa seperti motivasi belajar, hal ini seperti ditemukan di SMA Negeri 1 Muaro jambi motivasi siswa dalam belajar belum memiliki motivasi yang tinggi dalam belajar, serta rendahnya perhatian keluarga terhadap siswa dalam memperhatikan belajar pun kurang, dimana keluarga sangat berperan penting untuk mencapai hasil belajar apabila cara orang tua mengasuh dan membimbing serta memberi perhatian yang lebih kepada anaknya dan dukungan dari keluarga akan menjadi faktor pendorong yang sangat kuat untuk membuat siswa bersemangat dan termotivasi dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah:1) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran sejarah. 2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran sejarah. 3) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajara terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran sejarah Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat ex-post fakto. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi, yang berjumlah 158 orang. Sedangkan instrumen penelitian ini berupa angket, data yang diperoleh dengan menyebar angket kepada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikansi lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi dengan nilai signifikansi 0.000< 0.05, ada pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi dengan nilai signifikasi 0.000< 0.05, ada pengarauh signifikansi lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muaro jambi dengan nilai F hitung 62,396 > 3,05 pada signifikansi 0.000, serta hasil koenfiensi determinasi sebesar 0,446 atau 55,4%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan harapan kedepan adalah penelitian ini berguna sebagai bahan informasi dan masukan bagi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi bisa lebih meningkatkan hasil belajar, dan penelitian ini diharapkan bisa menjadi lebih berguna dan bermanfaat untuk penelitian yang selanjutnya.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | HAMIDAH |
Date Deposited: | 18 Sep 2018 01:44 |
Last Modified: | 18 Sep 2018 01:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5295 |
Actions (login required)
View Item |