PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN ANIMAKER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BLENDED DENGAN MODEL DISCOVERY MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMP

Anggraini, Vivi and Sofnidar, Sofnidar and Anwar, Khairul (2023) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN ANIMAKER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BLENDED DENGAN MODEL DISCOVERY MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (25kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] Text
Hal Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (181kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (153kB)

Abstract

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang identik dengan kemampuan matematis, salah satunya ialah kemampuan pemahaman konsep, dengan adanya kemampuan pemahaman konsep membuat siswa lebih mudah dalam menyelesaikan permasalahan karena siswa akan mampu mengaitkan dan menyelesaikan permasalahan tersebut dengan konsep yang telah dipahaminya. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil dan mendeskripsikan pengembangan video animasi menggunakan animaker untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran blended dengan model discovery materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan pendekatan RnD. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII A SMPN 7 Muaro Jambi. Pengumpulan data berdasarkan angket dan tes kemampuan pemahaman konsep kemudian menghasilkan video animasi berdasarkan kriteria kevalidan dari segi materi adalah 91,25 % (sangat valid) dan tingkat kevalidan dari segi media 94,78 % (sangat valid), tingkat kepraktisan oleh guru adalah 90,91 % (sangat praktis) dan tingkat kepraktisan siswa adalah 91,5 % (sangat praktis), tingkat keefektifan berdasarkan hasil angket efektifitas video animasi oleh siswa adalah 88,33 % (sangat efektif), dan tes hasil belajar (Pretest dan Postest) adalah 0,7886 dengan kategori tinggi. Kata Kunci: Pemahaman konsep, video animasi, blended, discovery learning Mathematics is a subject that is synonymous with mathematical ability, one of which is the ability to understand concepts, with the ability to understand concepts makes it easier for students to solve problems because students will be able to associate and solve these problems with the concepts they already understand. This study aims to obtain results and describe the development of an animated video using an animaker to improve students' conceptual understanding skills in blended learning with the discovery model of flat-sided shapes in class VIII SMP. This type of research is development research with an RnD approach. The research subjects were class VIII A students at SMPN 7 Muaro Jambi. data collection based on questionnaires and conceptual understanding ability tests then produces animated videos based on the validity criteria in terms of the material is 91.25% (very valid) and the level of validity in terms of the media is 94.78% (very valid), the level of practicality by the teacher is 90, 91% (very practical) and the practicality level of students is 91.5% (very practical), the level of effectiveness based on the results of the questionnaire on the effectiveness of animated videos by students is 88.33% (very effective), and the learning achievement tests (Pretest and Posttest) are 0.7886 with high category.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman konsep, Video animasi, blended, discovery learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Anggraini
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:32
Last Modified: 13 Jul 2023 07:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52989

Actions (login required)

View Item View Item