HUBUNGAN KARAKTERISTIK DAN PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN DENGAN KUNJUNGAN POSYANDU PADA IBU BADUTA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PAAL MERAH I KOTA JAMBI TAHUN 2023

Haris, Lala Novia (2023) HUBUNGAN KARAKTERISTIK DAN PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN DENGAN KUNJUNGAN POSYANDU PADA IBU BADUTA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PAAL MERAH I KOTA JAMBI TAHUN 2023. S1 thesis, UNIVERISTAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (48kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (115kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (63kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (901kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Latar Belakang : Posyandu selaku fasilitas guna pemantauan tumbuh kembang baduta serta pelayanan gizi masih belum dimanfaatkan secara maksimal, Data Profil Kesehatan Kota Jambi Pada Puskesmas Paal Merah I Tahun 2021 (27,78%) hal ini menunjukkan bahwa angka kunjungan masih jauh dari Target Nasional 87%. Tujuan dari penelitian ini adalah hubungan karakteristik ibu baduta (usia, pendidikan, dan pekerjaan) serta kualitas pelayanan di posyandu pada ibu baduta di wilayah kerja puskesmas Paal Merah I. Metode : Desain penelitian adalah kuantitatif analitik cross-sectional. Total sampel berjumlah 86 ibu baduta dengan menggunakan metode accidental sampling. Analisis dilakukan menggunakan analisis univariat dan bivariat yakni uji statistic Chi-Square. Hasil : Hasil penelitian ditemukan bahwa proporsi kualitas pelayanan di Puskesmas Paal Merah I yang memiliki kualitas pelayanan baik sebesar (55,8%), Sebagian besar ibu baduta berusia > 25 tahun (86%), lalu ibu baduta yang memiliki pendidikan rendah (52,3%), ibu baduta yang tidak memiliki pekerjaan sebesar (90,7%), serta ibu baduta yang melakukan kunjungan posyandu dengan baik (53,5%), Analisis bivariate menunjukkan bahwa terdapat hubungan pada kunjungan posyandu dengan pendidikan ibu (PR = 2,105 P-Value 0,003), Pekerjaan ibu (PR = 2,068 P-Value 0,023), Kualitas pelayanan (PR = 2,105 P-Value 0,002), sedangkan tidak terdapat hubungan antara Usia ibu dengan nilai sig atau (PR = P-Value 0,765) Kesimpulan : Faktor yang mempengaruhi kunjungan posyandu dari pendidikan, pekerjaan ibu dan kualitas pelayanan posyandu yang baik, untuk itu disarankan agar meningkatkan motivasi ibu, ibu baduta yang bekerja dapat menitipkan anaknya kepada anggota keluarga lain untuk menggantikan ibu hadir pada kegiatan posyandu, serta meningkatkan pelayanan posyandu di wilayah Kerja Puskesmas Paal Merah I. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kunjungan, Posyandu

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kunjungan, Posyandu
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Haris
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:38
Last Modified: 13 Jul 2023 07:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52991

Actions (login required)

View Item View Item