Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Modelling Mathematics Menggunakan Live Worksheets Pada Materi Statistika di Kelas VIII SMP

Arnila, Risma (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Modelling Mathematics Menggunakan Live Worksheets Pada Materi Statistika di Kelas VIII SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL RISMA ARNILA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (221kB)
[img] Text
Halaman persetujuan dan pengesahan ijo.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (206kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Arnila, Risma. 2023. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Modelling Mathematics Menggunakan Live Worksheets Pada Materi Statistika di Kelas VIII SMP: Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Sofnidar, M.Si, (II) Khairul Anwar, S.Pd., M.Pd., DSBIZ. Kata Kunci: pengembangan, E-LKPD, modelling mathematics, live worksheets, statistika Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil dan proses lembar kegiatan peserta didik elektronik (E-LKPD) berbasis Modelling Mathematics menggunakan live worksheets pada materi statistika di kelas VIII SMP, dan mendeskripsikan kualitas lembar kegiatan peserta didik elektronik (E-LKPD) berbasis Modelling mathematics menggunakan live worksheets pada materi statistika di kelas VIII SMP. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 12 Batang Hari pada Juni 2023. Data penelitian diperoleh dengan cara uji coba perorangan terhadap salah satu guru mata pelajaran matematika dengan memberikan angket penilaian guru, dan uji coba kelompok kecil terhadap peserta didik yang berjumlah 8 orang dengan cara memberikan angket respon peserta didik kepada masing-masing peserta didik. Sebelum memberikan angket terlebih dahulu pendidik dan peserta didik diberikan E-LKPD yang telah dikembangkan. Setelah angket dikembalikan barulah data dianalisis secara kuantitatif dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk E-LKPD yang dikembangkan efektif digunakan bagi guru dan peserta didik. Hal ini dapat dibuktikan dari penilaian guru terhadap E-LKPD yang dikembangkan adalah 80% dengan kategori “baik” dan respon peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan memakai E-LKPD berbasis Modelling Mathematics menggunakan live worksheets pada materi statistika di kelas VIII SMP Negeri 12 Batang Hari yang memperoleh nilai rata-rata 90,2% dengan kategori “sangat baik”. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru matematika dapat menggunakan E-LKPD berbasis Modelling Mathematics menggunakan live worksheets pada materi statistika di kelas VIII SMP secara langsung ataupun sebagai referensi belajar peserta didik, karena akan membuat peserta didik lebih termotivasi dan tertarik dalam mempelajari matematika, serta mempermudah guru dalam menyampaikan materi yang diajarkan, serta mampu dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, E-LKPD, modelling mathematics, live worksheets, statistika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ARNILA
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:06
Last Modified: 14 Jul 2023 03:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/53000

Actions (login required)

View Item View Item