PENGEMBANGAN SCAFFOLDING PADA MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH UNTUK MATERI LAJU REAKSI

Nursyahrobby, Munawir (2023) PENGEMBANGAN SCAFFOLDING PADA MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH UNTUK MATERI LAJU REAKSI. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (47kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (120kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (171kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (75kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] Text
TESIS MUNAWIR NURSYAHROBBY - FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Nursyahrobby, Munawir. 2023. Pengembangan Scaffolding pada Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Materi Laju Reaksi. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Kimia, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Prof. Dr. Muhammad Rusdi, S.Pd., M.Sc., (II) Dr. Diah Riski Gusti, S.Si., M.Si. Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kompetensi yang menjadi fokus pengembangan dalam revolusi industri 4.0. Pembelajaran dengan model discovery learning dapat menjadi solusi dalam peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa, tetapi model ini memiliki kelemahan. Untuk mengatasi kelemahan – kelemahan tersebut digunakan strategi scaffolding. Scaffolding merupakan bantuan yang diberikan kepada siswa untuk belajar dan memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kelayakan konseptual, kelayakan prosedural, dampak potensial, dan prosedur yang direkomendasikan dalam penerapan scaffolding pada discovery learning dalam mengingkatkan kemampuan pemecahan masalah. Metode penelitian ini menggunakan prosedur penelitian pengembangan model desain pembelajaran Lee and Jang dengan tipe F2-O1+O2-S1+S5+S6-A3. Produk yang dibuat adalah alur algoritma scaffolding, lembar kerja guru dan lembar kerja siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara berdasarkan teknik Delphi dan data dianalisis menggunakan metode analisa data kualitatif. Produk telah divalidasi oleh ahli dan praktisi, diperoleh hasil yaitu produk dinyatakan layak secara konseptual dan prosedural untuk digunakan pada proses pembelajaran. Hasil dari ujicoba skala kecil diketahui bahwa produk efektif digunakan pada proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Dapat disimpulkan bahwa alur dan LKPD scaffolding pada discovery learning dapat digunakan dalam membantu proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi laju reaksi. Kata Kunci: Scaffolding, Discovery Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Laju Reaksi ABSTRACT Nursyahrobby, Munawir. 2023. Development of Scaffolding in Discovery Learning Model to Improve Problem-Solving Skills for Reaction Rate Material. Thesis. Chemistry Education Study Program, Jambi University. Supervisor (I) Prof. Dr. Muhammad Rusdi, S.Pd., M.Sc., (II) Dr. Diah Riski Gusti, S.Si., M.Si. Problem-solving ability is one of the competencies that are the focus of development in the industrial revolution 4.0. Learning with the discovery learning model can be a solution to increasing students’ problem-solving abilities, but this model has weaknesses. To overcome these weaknesses a scaffolding strategy is used. Scaffolding is the assistance given to students to learn and solve problems. This study aims to describe the development process, conceptual feasibility, procedural feasibility, potential impact, and recommended procedures in the application of scaffolding in discovery learning in improving problem-solving abilities. This research method uses research procedures for developing the Lee and Jang learning design model with types F2-O1+O2-S1+S5+S6-A3. The products made are scaffolding algorithm flow, teacher worksheets, and student worksheets. Data collection was carried out by interviews based on the Delphi technique and data were analyzed using qualitative data analysis methods. The product has been validated by experts and practitioners, the results obtained are that the product is declared conceptually and procedurally feasible to use in the learning process. The results of small-scale trials show that effective products are used in the learning process to improve students' problem-solving skills. It can be concluded that the flow and scaffolding worksheets in discovery learning can be used to assist the learning process to improve problem-solving skills in the reaction rate material. Keywords: Scaffolding, Discovery Learning, Problem Solving Ability, Reaction Rate

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Scaffolding, Discovery Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Laju Reaksi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: NURSYAHROBBY
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:43
Last Modified: 13 Jun 2024 13:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/53023

Actions (login required)

View Item View Item