BANDI, KRIS (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE SHARE (SSCS) DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP NEGERI 18 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
SKRIPSI FULLL.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (34kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (410kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (360kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (203kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (306kB) |
Abstract
Bandi, Kris. 2023. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) dan Direct Instruction (DI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Statistika Kelas VII SMP Negeri 18 Kota Jambi: Skripsi, S1 Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Gugun Manosor Simatupang, M.Si., (II) Feri Tiona Pasaribu, M.Pd., CIT. Kata kunci: Search, Solve, Create and Share (SSCS), Direct Instruction (DI), Kemampuan Pemecahan Masalah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah siswa yang diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) dan model pembelajaran Direct Instruction (DI) pada materi statistika. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 18 Kota Jambi pada Mei 2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experiment menggunakan Posttes di akhir pertemuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas SMP Negeri 18 Kota Jambi pada tahun ajaran 2022/2023, sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan. Data penelitian diperoleh dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan pengujian prasyarat analisis yang dilakukan diperoleh nilai signifikansi. Adapun hasil uji asumsi yang dilakukan yaitu uji normalitas dengan nilai signifikansi yaitu 0,141025 < 0,167438 untuk kelas eksperimen I, 0,136948 < 0,167438 untuk kelas kontrol dan uji homogenitas sebesar Fhitung < Ftabel yaitu 1.611604 < 1.904823. Setelah diperoleh data yang berdistribusi normal dan memiliki variansi yang homogen, kemudian selanjutnya dilakukan uji hipotesis uji pihak kanan dengan menggunakan uji-t. Dari penelitian ini dapat dikatakan
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Search, Solve, Create and Share (SSCS), Direct Instruction (DI), Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ARNILA |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 03:11 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 03:11 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/53031 |
Actions (login required)
View Item |