PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK MATEMATIKA (KOMAT) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN SOFTWARE CORAL PAINTER PADA MATERI PELUANG KELAS VIII SMP/MTS SEDERAJAT

Ayuni, Siti Nada PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK MATEMATIKA (KOMAT) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN SOFTWARE CORAL PAINTER PADA MATERI PELUANG KELAS VIII SMP/MTS SEDERAJAT. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK MATEMATIKA BERBASIS PBL BERBANTUAN SOFTWARE CORAL PAINTER MATERI PELUANG KELAS VIII SMP.

[img] Text
1 Halaman sampul(OKE).pdf

Download (11kB)
[img] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (364kB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
4 BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (311kB)

Abstract

Ayuni, Siti Nada. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika (Komat) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Software Coral Painter Pada Materi Peluang Kelas IIIi SMP/MTs: Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Rohati, S.Pd., M.Pd., (II) Sri Winarni, S.Pd., M.Pd., Kata Kunci: Komik Matematika, Problem Based Learning, Coral Painter. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan bagaimana pengembangan media pembelajaran komik matematika dengan Coral Painter dan menganalisis penggunaan media pembelajaran komik matematika sudah memenuhi kualitas baik pada kelas VIII SMP. Penelitian ini dilakukan di SMPN 7 Muaro Jambi pada Mei 2018. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebar angket kepada guru dan siswa dan tes hasil belajar siswa. Setelah angket dan tes dikembalikan, data dianalisis secara kualitatif dengan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk media pembelajaran yang telah dikembangkan mengalami beberapa kali revisi diantaranya oleh ahli materi dan ahli media, kemudian dilakukan penilaian oleh guru dan uji kepraktisan yaitu uji coba terbatas pada kelompok terbatas, dan uji coba lapangan, responden menyatakan bahwa media pembelajaran komik matematika yang dikembangkan sudah sangat baik, media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kualitas baik, karena memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor 4 ini termasuk dalam kategori interval (X ) ̅> 3,4 , dengan kualitas baik. Media pembelajaran memenuhi kriteria kepraktisan, yaitu berdasarkan hasil penilaian guru matematika dengan rata-rata skor 3,75 dengan kategori sangat baik, dan hasil penilaian siswa dengan rata-rata skor 4,3 dengan kategori sangat baik. Media komik matematika memenuhi kriteria keefektifan, yaitu berdasarkan presentasi siswa yang tuntas sesuai KKM adalah 70, 81%. Menurut Nieveen (1999) kualitas bahan ajar yang dikembangkan haruslah memenuhi kriteria valid (validity), praktis (practicality), dan efektif (effectiveness). Maka produk media pembelajaran komik matematika mempunyai kualitas baik. Dari hasil penelitian ini disarankan agar selanjutnya dapat mengembangkan media pembelajaran komik matematika dengan materi yang lain sehingga menarik siswa untuk lebih menyukai matematika.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: SITI NADA AYUNI
Date Deposited: 18 Sep 2018 01:14
Last Modified: 18 Sep 2018 01:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5309

Actions (login required)

View Item View Item