Ningsih, Widya (2023) DESAIN E-MODUL BERBASIS CASE BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI WIDYA NINGSIH_A1C219035.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (530kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (439kB) |
Abstract
Ningsih, Widya. 2023. Desain E-modul Berbasis Case Based Learning Berbantuan Aplikasi Kahoot untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri: Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Yelli Ramalisa, S.Pd., M.Sc. (II) Feri Tiona Pasaribu, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : E-Modul, Case Based Learning, Kahoot, Pemecahan Masalah Matematis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mendeskripsikan suatu bahan ajar berbentuk E-modul Berbasis Case Based Learning Berbantuan Aplikasi Kahoot untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri. Penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yaitu Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluate (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah Dosen Pendidikan Matematika Universitas Jambi sebagai tim ahli yang terdiri dari ahli materi dan ahli desain, guru matematika kelas X SMA PGRI 2 Kota Jambi pada uji coba perorangan, 9 orang peserta didik kelas X IPA 2 pada uji coba kelompok kecil, dan seluruh peserta didik kelas X IPA 1 yang berjumlah 25 orang pada uji coba lapangan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa e-modul yang didesain menggunakan aplikasi Canva, isi materi matriks pada e-modul berbasis tahapan Case Based Learning yaitu menetapkan kasus, menganalisa kasus, mencari informasi, membuat penyelesaian masalah, membuat kesimpulan, menyajikan hasil dan perbaikan. Selain itu didalamnya juga mengandung tahapan indikator pemecahan masalah matematis yang terdiri dari memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. E-modul yang didesain termasuk dalam kategori valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil validasi tim ahli dari segi materi adalah 81,81% (sangat valid) dan dari segi desain adalah 84,34% (sangat valid). Hasil angket kepraktisan oleh guru adalah 93,84% (sangat praktis) dan kepraktisan peserta didik adalah 87,4% (sangat praktis). Dan hasil angket keefektifan e-modul oleh peserta didik melalui angket respon sebesar 83,04% dan dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh skor rata-rata 77,76 dengan besar nilai gain yaitu 0,56 yang menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik meningkat dibanding sebelum menggunakan e-modul berbasis Case Based Leaning Berbantuan Aplikasi Kahoot untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ningsih |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 01:42 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 01:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/53090 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |