PENERAPAN METODE SAS MENGGUNAKAN KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MEMBACA MENULIS SISWA TUNAGRAHITA KELAS X SLBN SSB MS

Panji, Legowo (2023) PENERAPAN METODE SAS MENGGUNAKAN KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MEMBACA MENULIS SISWA TUNAGRAHITA KELAS X SLBN SSB MS. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
FINAL SIDANG-1.pdf

Download (34kB)
[img] Text
FINAL SIDANG-5-6.pdf

Download (39kB)
[img] Text
FINAL SIDANG-8-9.pdf

Download (16kB)
[img] Text
FINAL SIDANG-12-15.pdf

Download (375kB)
[img] Text
FINAL SIDANG-89-90.pdf

Download (132kB)
[img] Text
FINAL SIDANG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian dikatakan berhasil dan tepat sasaran apabila siswa mampu menyerap informasi yang dibaca dan pahami sesuai dengan kebutuhannya .Pembelajaran membaca dan menulis dibutuhkan agar meningkatkan intelektual terkhusus siswa tunagrahita untuk mampu membaca dan menulis dengan baik. Kenyataan di lapangan siswa tunagrahita mengalami ketidakmampuan membaca dan menulis siswa sulit mengetahui informasi yang terdapat dalam bacaan,siswa sulit memahami kata dan menerapkan dalam tulisan. Metode penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas (classroom action recearch) Penelitian tindakan ini menggunakan penelitian tindakan dari Kurt Lewin, yaitu yang menyatakan bahwa dalam satu siklus terdiri dari empat langkah pokok yaitu (1) planning (rencana), (2) action (tindakan), (3) observation (pengamatan), (4) reflection (refleksi) Oleh karena itu hasil dari penelitian menbaca dan menulis terbagi menjadi pra tindakan , siklus i dan siklus II. Hasil nilai membaca dan menulis terdiri atas nilai kualitas proses dan hasil sebagai berikut membaca pratindakan : 42,9, menulis pratindakan : 49,7 membaca siklus 1 :57.1, menulis siklus 1 :59.1 membaca siklus II: 52,6, menulis siklus II:62,6.Simpulan dari penelitian ini terjadi peningkatan baik itu prises maupun hasil penelitian membaca dan menulis baik segi proses dan hasil proses lebih mengarah kepada sikap siswa dalam proses pembelajaran sedangkan hasil mengarah pada kemampuan siswa membaca dan menulis yang ditentukan dengan indiktor yang sesuai degan keadaan lapangan .

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Logowo
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:09
Last Modified: 14 Jul 2023 07:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/53184

Actions (login required)

View Item View Item