PENGARUH KONSEP DIRI DAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG SERTIFIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI MENJADI GURU MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2014 UNIVERSITAS JAMBI

DEFIT HARIATI, DEFIT HARIATI PENGARUH KONSEP DIRI DAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG SERTIFIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI MENJADI GURU MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2014 UNIVERSITAS JAMBI. JURNAL PENGARUH KONSEP DIRI DAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG SERTIFIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI MENJADI GURU MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2014 UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ARTIKEL REPOSITORY.pdf

Download (549kB)

Abstract

ABSTRAK Defit Hariati. 2018. “Pengaruh Konsep Diri Dan Persepsi Mahasiswa Tentang Sertifikasi Guru Terhadap Motivasi Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2014 Universitas Jambi”. Pembimbing (I) Prof.Dr.Drs.H. Rahmat Murboyono, M.Pd, (II) Dr. Rosmiati,S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci : Konsep Diri, Persepsi Mahasiswa Tentang Sertifikasi Guru, Motivasi Menjadi Guru Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya motivasi mahasiswa ini dipengaruhi karena adanya konsep diri yang ada di dirinya karena keyakinan yang ada dalam dirinya akan mempengaruhi perilakunya dalam membentuk masa depannya. Pengaruh selanjutnya karena gagasan mahasiswa tentang sertifikasi guru yang mengatakan bahwa menjadi guru kurang memenuhi kebutuhan sehari-hari tetapi dengan adanya sertifikasi untuk guru yang dapat menjamin kesejahteraan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh konsep diri terhadap motivasi menjadi guru mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2014 universitas jambi, 2) pengaruh persepsi mahasiswa tentang sertifikasi guru terhadap motivasi menjadi guru mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2014 universitas jambi, 3) pengaruh konsep diri dan persepsi mahasiswa tentang sertifikasi guru terhadap motivasi menjadui guru mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2014 universitas jambi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2014 universitas jambi. Populasi berjumlah 80 orang mahasiswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket yang berisikan 18 item untuk konsep diri, 14 item untuk persepsi mahasiswa tentang sertifikasi guru dan 14 item untuk motivasi menjadi guru. Hasil analisis data yang diperoleh menjelaskan bagwa adanya pengaruh konsep diri terhadap motivasi menjadi guru pada mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2014 universitas jambi dengan thitung > ttabel atau 2,775> 1.56 dengan uji signifikan 0,000<0,05. Adanya pengaruh persepsi mahasiswa tentang sertifikasi guru terhadap motivasi menjadi guru mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2014 universitas jambi dengan thitung > ttabel atau 5,136 > 1.56 dengan uji signifikan 0,000<0,05. Selanjutnya ada pengaruh konsep diri dan persepsi mahasiswa tentang sertifikasi guru terhadap motivasi menjadi guru mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2014 universitas jambi dengan Fhitung > Ftabel atau 17,248 > 3.11 dengan uji signifikan 0,000<0,05, serta hasil koefisien determinasi sebesar 0,309 atau 30,9 persen. Berdasarkan hasil penelitian tersebut ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara konsep diri dan persepsi mahasiswa tentang sertifikasi guru terhadap motivasi menjadi guru mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2014 universitas jambi. Disarankan kepada mahasiswa untuk lebih meningkatkan motivasinya untuk menjadi guru dan penelitian ini diharapkan bisa menjadi berguna bagi penelitian selanjutnya.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DEFIT HARIATI
Date Deposited: 19 Sep 2018 07:49
Last Modified: 19 Sep 2018 07:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5323

Actions (login required)

View Item View Item