Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar Peserta Didik SMK

Athikah, Athikah and Kamid, Kamid and Haryanto, Haryanto (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar Peserta Didik SMK. S2 thesis, Universitas Suryakancana.

[img] Text
TESIS ATHIKAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
2. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (39kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (18kB)
[img] Text
3. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (46kB)
Official URL: http://jurnal.unsur.ac.id/prisma

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik di SMK Revany Indra Putra Kota Jambi masih rendah dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Pengaruh penerapan model Discovery Learning, Problem Based Learning, dan Direct Instruction terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik, 2. Pengaruh kemandirian belajar peserta didik terhadap kemampuan matematis peserta didik, 3. Interaksi penerapan model pembelajaran dan kemandirian belajar peserta didik terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan The Pretest Postest Design with Nonequivalent Groups. Sampel diambil secara acak dengan teknik Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket kemandirian belajar peserta didik dan soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalis menggunakan analisis ANOVA dua jalur. Hasil penelitian untuk hipotesis pertama 0.017 < 0.05, hipotesis kedua 0,019 < 0,05 dan hipotesis ketiga 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan, 1.Terdapat pengaruh penerapan model Discovery Learning, Problem Based Learning, dan Direct Instruction terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik, 2. Terdapat pengaruh kemandirian belajar peserta didik terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik, 3. terdapat interaksi antara penerapan model pembelajaran dan kemandirian belajar peserta didik terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: ATHIKAH
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:52
Last Modified: 13 Jun 2024 12:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/53256

Actions (login required)

View Item View Item