MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SELF-REGULATION SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS DEEP DIALOG CRITICAL THINKING PADA MATERI BARISAN DAN DERET BILANGAN DI KELAS XI SMA NEGERI 6 MUARO JAMBI

Pusparona, Anggia (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SELF-REGULATION SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS DEEP DIALOG CRITICAL THINKING PADA MATERI BARISAN DAN DERET BILANGAN DI KELAS XI SMA NEGERI 6 MUARO JAMBI. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
TESIS ANGGIA PUSPARONA lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (48kB)
[img] Text
Halaman persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (536kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (128kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self Regulation melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Deep Dialog Critical Thingking pada Materi Barisan dan Deret di Kelas XI SMA Negeri 6 Muara Jambi. Penelitian dilakukan dengan metodel Classroom Action Research. Berdasarkan data, hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut: (1) kemampuan berpikir kreatif matematis pada kategori tinggi mengalami kenaikan mencapai 59,39% dan tidak ada satupun siswa yang berkemampuan rendah dalam hal kreativitas matematis pada siklus ke III, (2) kemampuan kemampuan self regulation mengalami kenaikan yang mencapai 62,50%. (3) Kendala dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis model pembelajaran berbasis deep dialogue critical thingking pada mata pelajaran matematika di kelas XI SMA Negeri 6 Muaro Jambi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika dan self regulation diantaranya adalah: (1) pelaksanaan penelitian ini dilakukan dimasa pandemi COVID-19 sehingga pelaksanaan pembelajaran tatap muka kurang optimal, siswa datang tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditetepkan, dan jadwal belajar yang berubah-ubah, (2) pelaksanaan pembelajaran secara mandiri (LKPD) untuk pembelajaran pendudkun DDCT tidak dapat dikontrol secara efektif dan efisien. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model DDCT harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi siswa dan sekolah agar dampak positifnya lebih optimal. Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Self Regulation, Pembelajaran Deep Dialog Critical Thingking, Barisan dan Deret.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PUSPARONA
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:18
Last Modified: 14 Jul 2023 07:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/53294

Actions (login required)

View Item View Item