Fitri, Nuraida (2023) Posisi Strategi Pemasaran Stick Sale Pisang pada UMKM Nisa Snack di Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (219kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (22kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI .pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text (Posisi Strategi Pemasaran Stick Sale Pisang pada UMKM Nisa Snack di Kota Jambi)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (85kB) |
Abstract
Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan bagian penting dari perekonomian suatu negara tidak terkecuali Indonesia. Pertumbuhan UMKM yang semakin banyak, berkembang di berbagai perekonomian daerah khususnya di Provinsi Jambi. Jumlah UMKM Di Provinsi Jambi mencapai 165.497 UMKM yang tersebar di sebelas kabupaten dan kota. Sebagai pusat kedudukan pemerintahan yang ada di Provinsi Jambi, Kota Jambi menempati posisi pertama dengan Jumlah 47.813 UMKM yang tersebar di berbagai Kecamatan. Salah satu UMKM yang ada di Kota Jambi adalah UMKM Nisa Snack yang memproduksi berbagai macam olahan makanan seperti Stick Sale Pisang. Metode pengumpulan data dalam penelitian berupa wawancara, observasi lapangan dan studi pustaka. Analisis data untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi strategi pemasaran dan untuk menganalisis posisi strategi pemasaran stick sale pisang pada UMKM Nisa Snack di Kota Jambi. Berdasarkan penelitian dapat diambil kesimpulan yaitu faktor yang menjadi kekuatan meliputi produk yang telah tersertifikasi, promosi yang dilakukan oleh pelaku usaha, bahan baku (pisang) mudah diperoleh, produk tidak menggunakan bahan pengawet. Kelemahan meliputi harga produk lebih mahal dibanding produk pesaing, jadwal produksi tidak teratur, peralatan kurang memadai dan minimnya modal yang dimiliki untuk mengembangkan usaha. Peluang meliputi keunikan produk (bentuk yang berbeda dariapada sale pisang lainnya), perkembangan teknologi internet, kondisi masyarakat yang suka makanan ringan. Ancaman meliputi faktor cuaca/ lingkungan alam yang berubah-ubah, pesaing dengan produk sejenis dan harga lebih murah, resiko terjadinya perpindahan konsumen ke produk lain. Adapun posisi strategi pemasaran stick sale pisang pada UMKM Nisa Snack di Kota Jambi terletak pada sel V (lima).
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | UMKM Nisa Snack, Banana Sale, Internal External Matrix, SWOT |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian |
Depositing User: | FITRI |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 02:03 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 02:03 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/53426 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |