Wahyuningsih, Isti (2023) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT JAMBI DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Skripsi full Isti Wahyuningsih.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (50kB) |
![]() |
Text
halaman persetujuan dan pengesahan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (100kB) |
Abstract
ABSTRAK Wahyuningsih, Isti. 2023. Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Jambi dan Relevansinya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Akhyaruddin, M.Hum., (II) Drs. Agus Setyonegoro, M.Pd. Kata kunci: nilai pendidikan karakter, cerita rakyat Jambi, pembelajaran bahasa Indonesia Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam buku Cerita Rakyat Jambi Dwibahasa dan mendeskripsikan relevansinya dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah nilai pendidikan karakter dalam dua belas cerita rakyat Jambi dan sumber datanya adalah buku Cerita Rakyat Jambi Dwibahasa dengan dua belas judul cerita 1) Air Hitam dan Air Jernih, 2) Batu Bersumpah, 3) Batu Kerbau, 4) Danau Lingkat, 5) Datuk Darah Putih, 6) Datuk Kerungkung Bebulu, 7) Dideng Dang Ayu, 8) Gadis Berambut Panjang, 9) Lubuk Bujang Gadis, 10) Orang Halus, 11) Padi Sebesar Kelapa, 12) Tama Tujeuh. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca dan catat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, dalam buku Cerita Rakyat Jambi Dwibahasa terdapat kelima aspek pendidikan karakter, dilihat dari subnilai masing-masing kelima aspek nilai pendidikan karakter hanya ditemukan beberapa nilai pendidikan seperti aspek nilai religius hanya ditemukan subnilai yaitu: cinta damai, toleransi, tidak memaksakan kehendak, percaya diri. Kedua, aspek nasionalis yaitu: cinta tanah air, rela berkorban. Ketiga, aspek mandiri yaitu: kerja keras, keberanian, daya juang, kreatif. Keempat, aspek gotong royong yaitu: kerja sama, musyawarah mufakat. Kelima, aspek integritas yaitu: kejujuran, tanggung jawab. Kerelevanannya ialah tepat digunakan sebagai bahan pembelajaran bahasa Indonesia di SMP kelas VII pada Capaian Pembelajaran (CP): peserta didik mampu menuliskan dan menyajikan tanggapan terhadap teks fiksi yang dibacanya. Buku Cerita Rakyat Jambi Dwibahasa mengandung nilai pendidikan karakter yang sesuai dengan tujuan pendidikan kurikulum merdeka yang patut diterapkan dalam kehidupan sehari-hari serta dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi pendidik dalam memilih bahan ajar yang memiliki nilai pendidikan karakter dan sesuai dengan kurikulum. ABSTRACT Wahyuningsih, Isti. 2023. The Value of Character Education in Jambi Folklore and Its Relevance to Indonesian Learning in Junior High School: Thesis, Department of Language and Literature Education, FKIP Jambi University, Supervisor: (I) Drs. Akhyaruddin, M.Hum., (II) Drs. Agus Setyonegoro, M.Pd. Keywords: character education value, Jambi folklore, Indonesian learning This study aims to describe the value of character education contained in the Jambi Bilingual Folklore book and describe its relevance to Indonesian learning in junior high school. This research is descriptive qualitative. This research data is the value of character education in twelve Jambi folklore and the source of the data is the bilingual Jambi Folklore book with twelve story titles 1) Black Water and Clear Water, 2) Sworn Stone, 3) Buffalo Rock, 4) Lingkat Lake, 5) White Blood Datuk, 6) Datuk Kerungkung Bebulu, 7) Dideng Dang Ayu, 8) Long-haired Girl, 9) Lubuk Bujang Gadis, 10) Subtle People, 11) Rice as Big as a Coconut, 12) Tama Tujeuh. Data collection techniques use read and record techniques. The results of this study show that, in the Jambi Dwilingual Folklore book, there are five aspects of character education, judging from the subvalues of each of the five aspects of character education values, only a few educational values are found, such as aspects of religious values, only found subvalues, namely: love of peace, tolerance, not imposing will, self-confidence. Second, the nationalist aspect, namely: love for the motherland, willing to sacrifice. Third, the independent aspect, namely: hard work, courage, fighting power, creative. Fourth, the aspect of mutual assistance, namely: cooperation, consensus deliberation. Fifth, aspects of integrity, namely: honesty, responsibility. Its relevance is appropriate to be used as Indonesian learning material in junior high school grade VII on Learning Outcomes (CP): students are able to write and present responses to the fictional text they read. Jambi Bilingual Folklore Book contains character education values that are in accordance with the objectives of independent curriculum education that should be applied in everyday life and can be used as learning materials Indonesian in junior high schools. The results of this study can be used as a reference for educators in choosing teaching materials that have character education value and are in accordance with the curriculum.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | nilai pendidikan karakter, cerita rakyat Jambi, pembelajaran bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | WAHYUNINGSIH |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 02:47 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 02:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/53480 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |