Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif SMAPLEC Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 3 Kota Jambi

ulpa, desi aulia (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif SMAPLEC Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 3 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (126kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (263kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (178kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (154kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran yang belum maksimal dalam penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi disebabkan cenderungnya monotonnya proses pembelajaran secara konvensional. Sehingga, berdampak pada rendahnya motivasi belajar siswa dalam keefektifan proses pembelajaran. Namun, hal ini dapat diatasi dengan pesatnya kepemilikan smartphone siswa yang sistem pengoperasiannya berbasis android, hal ini sebagai terobosan baru dalam variasi pengembangan media interaktif berbasis aplikasi android pada mata pelajaran ekonomi untuk SMA Ekonomi (peminatan). Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis android pada mata pelajaran ekonomi dan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis android dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Model penelitian pengembangan produk media interaktif berbasis android ini mengadaptasi model Thiagarajan yaitu Four-D Model yang dimodifikasi. Four-D Model terdiri dari 4 tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan pendeseminasian. Berdasarkan data dari hasil validasi yang diperoleh, antara lain: ahli materi sebesar 80%, ahli media sebesar 55,37%, praktisi pembelajaran 92,37%, dan uji coba siswa pada skala terbatas sebesar 82,4%. Sehingga jika dihitung secara keseluruhan 77,03%. Dari hasil tersebut, dikategorikan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kemudian dari hasil pengolahan data dengan menggunakan uji-t terdapat peningkatan motivasi belajar siswa yang mana thitung>ttabel (9,372>2,408), hal ini berarti terdapat pengaruh yang cukup signifikan setelah dikembangkannya media pembelajaran interaktif berbasis android. Dari hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis android pada mata pelajaran ekonomi secara efektif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Diharapkan dengan adanya hasil penelitian ini, kelak akan tercipta inovasi-inovasi terbaru pembelajaran yang lebih menantang siswa untuk lebih giat lagi dalam belajar khususnya mata pelajaran ekonomi. Semoga ke depannya pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android yang serupa dapat dikembangkan dengan ruang lingkup yang lebih luas.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: DESI AULIA ULPA
Date Deposited: 20 Sep 2018 01:30
Last Modified: 20 Sep 2018 01:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5354

Actions (login required)

View Item View Item