PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI DI SMK N 2 SAROLANGUN

SULINAWATI, SULINAWATI PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI DI SMK N 2 SAROLANGUN. JURNAL PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI DI SMK N 2 SAROLANGUN.

[img] Text
ARTIKEL REPOSITORY.pdf

Download (434kB)

Abstract

ABSTRAK Sulinawati. 2018. “Pengaruh Gaya Mengajar Guru dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar ekonomi di SMK N 2 Sarolangun”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dra. Hj. May Maemunah, M. E, Pembimbing II Drs. Irwan, M.Pd Kata Kunci: Mengajar Guru, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Berdasarkan hasil survei pra penelitian pada tanggal 15 Desember 2017 dengan kepala sekolah SMK Negeri 2 Sarolangun. Selama melakukan wawancara, peneliti memperoleh informasi sebagian besar siswa SMK Negeri 2 Sarolangun. Mendapatkan informasi juga bahwa hasil belajar masih minim di bawah KKM. Hasil belajar siswa di SMK Negeri 2 Sarolangun rendah dikarenakan siswa belum memiliki motivasi belajar. Remaja yang peduli akan pendidikannya rata-rata memilih menuntut ilmu di jenjang Sekolah Menengah Kejuruan. Dengan tujuan menuntut ilmu sekaligus mendapatkan ketrampilan yang dinginkan dan setelah lulus langsung dapat terjun di dunia kerja atau industri. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar guru terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMK N 2 Sarolangun, mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMK N 2 Sarolangun, mengetahui pengaruh gaya mengajar guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi di SMK N 2 Sarolangun Maka penelitian ini tergolong pada jenis penelitian Ex-Post Facto, Jenis penelitian yang digunakan ini kuantitatif yaitu data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk angka-angka. Variabel bebas (independen variabel) yaitu gaya mengajar guru 〖(X〗_1), dan motivasi belajar〖 (X〗_1), (Variabel terikat (dependen variabel). Hasil belajar siswa (Y), Dalam penelitian ini alat yang digunakan peneliti dalam mengumpulkan data variabel X1, X2 dan Y yaitu dengan menggunakan kuesioner atau angket. Berdasarkan koefisien untuk variabel pengaruh gaya mengajar guru (X1) sebesar 0.163 atau dapat dinyatakan sebagai persamaan linier Y = 0.163 (X1). Pada tabel tersebut nilai t hitung sebesar 11,343 dibandingkan dengan t tabel dk= n-1 = 67 maka t tabel = 1,6676 dengan sig = 0,00, untuk variable motivasi belajar (X2) sebesar 0,120 atau dapat dinyatakan sebagai persamaan linier Y = 0.120 (X2). Pada tabel tersebut nilai t sebesar 8.085 dibandingkan dengan t tabel dk= n-1 = 91 maka t tabel = 1.6676, dengan sig = 0,00, diketahui Rsquare = 0,530 sementara rtabel = 0,235 Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi Siswa SMK Negeri 2 Sarolangun dengan Besaran dalam Persamaan Regresi sebesar 53%. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi Siswa SMK Negeri 2 Sarolangun.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SULINAWATI
Date Deposited: 20 Sep 2018 02:07
Last Modified: 20 Sep 2018 02:07
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5356

Actions (login required)

View Item View Item