DESKRIPSI KEAKTIFAN SISWA MENGGUNAKAN TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS PADA PEMBELAJARAN LESSON STUDY MATERI TEKANAN HIDROSTATIS DAN HUKUM PASCAL

MASNIARI. S, DEBORAH (2023) DESKRIPSI KEAKTIFAN SISWA MENGGUNAKAN TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS PADA PEMBELAJARAN LESSON STUDY MATERI TEKANAN HIDROSTATIS DAN HUKUM PASCAL. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
skripsi Deborah Masniari. S A1C318081(1)-1.pdf

Download (7MB)
[img] Text
COVER 2.pdf

Download (376kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (792kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Masniari. S, Deborah, 2023. Deskripsi keaktifan siswa menggunakan Transcript Based Lesson Analysis pada Pembelajaran Lesson study materi Tekanan Hidrostatis dan Hukum Pascal. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Nova Susanti, S.Pd., M.Si, (II) Neneng Lestari, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Keaktifan Siswa, Transcript Based Lesson Analysis, Lesson Study, Pendidikan, Fisika. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran fisika kurangnya dalam berinteraksi dalam belajar sehingga kurangnya suasana yang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keaktifan siswa menggunakan Transcript Based Lesson Analysis pada pembelajaran Lesson study materi Tekanan Hidrostatis dan Hukum Pascal. Penelitian ini dilakukan di SMA N 11 Muaro Jambi dengan subjek penelitian peserta didik kelas XI IPA 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method, peneliti mengumpulkan data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh berupa dokumentasi seperti video/rekaman dengan proses pembelajaran lesson study menggunakan TBLA. Data kuantitatif yang diperoleh dalam penelitian ini berupa instrumen keaktifan belajar yang digunakan para observer untuk mengamati semua kegiatan peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa keaktifan siswa menggunakan Transcript Based Lesson Analysis pada pembelajaran Lesson study materi Tekanan Hidrostatis dan Hukum Pascal yang dilakukan dua siklus dengan tahapan plan, do, see. Pada siklus 1 respon siswa masih terlihat kurang aktif saat belajar. Pada siklus 2 sudah meningkatnya interaksi siswa dalam belajar ditunjukkan dengan sikap siswa dalam bekerjasama dan memberikan argumen atau solusi dalam pembelajaran yang artinya siswa mulai aktif belajar dibandingkan siklus 1. Penelitian ini sudah dikatakan berjalan dengan baik, yang ditandai dengan tercapainya indikator keaktifan siswa yang meningkat. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan pada penelitian ini hanya membahas bagaimana mendeskripsikan keaktifan siswa menggunakan TBLA pada pembelajaran lesson study materi Tekanan Hidrostatis dan Hukum Pascal. Oleh karena itu penelitian sejenis mengenai implementasi lesson study dapat meneliti proses pembelajaran lainnya.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Siswa, Transcript Based Lesson Analysis, Lesson Study, Pendidikan, Fisika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: S
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:51
Last Modified: 17 Jul 2023 03:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/53594

Actions (login required)

View Item View Item