ANALISIS KOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN LESSON STUDY BERBASIS TBLA (TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS) DI SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI SKRIPSI

Sinta, Royani (2023) ANALISIS KOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN LESSON STUDY BERBASIS TBLA (TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS) DI SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI SKRIPSI. jurnal pendidikan fisika dan teknologi JPFT.

[img] Text
Sinta Royani Skripsi revisi 2 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (175kB)
[img] Text
halaman persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (799kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB I (2).pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (362kB)

Abstract

Royani, Sinta. 2023 Analisis Kognitif Siswa Dalam Pembelajaran FISIKA Dengan Lesson Study Berbasis TBLA (Transcript Based Lesson Analysis) Di Sma Negeri 7 Kota Jambi : Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Nova Susanti, S.Pd., M.Si., (II) Neneng Lestari, s.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Kognitif, Lesson Study, Trnascrip Based Lesson Analysis Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Lesson Study dalam proses pembelajaran Fisika dan mendeskripsikan kemampuan kognitif siswa yang berbasis transcript based lesson analysis pada materi Hukum Newton di SMA negeri 7 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMA negeri 7 Kota Jambi pada tanggal 5 september sampai 21 september 2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas F2 yang terdiri dari 25 siswa. Penelitian ini menerapkan program pembelajaran lesson study melalaui tiga tahapan yaitu, perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see). Jenis peneltian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Adapun pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan rekaman video pembelajaran, dokumentasi, dan lembar observasi yang di isi setiap observer. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus lesson study. Hasil penelitian pada siklus satu siswa cenderung pasif tidak terlalu banyak interaksi siswa bertanya kepada guru sehingga siswa hanya mampu sebatas mengetahui apa-apa saja yang diberikan oleh guru model (C1) serta menjelaskan secara singkat apa yang di sampaikan oleh guru model saja (C2). Sedangkan pada siklus dua sebagian besar siswa sudah mulai aktif berinteraksi seperti bertanya, memecahkan masalah sampai menggali informasi lebih lanjut secara mandiri dengan ponsel yang memang diperbolehkan dalam aktiftas belajar-mengajar di SMA Negeri 7 Kota Jambi sehingga pada siklus kedua ini siswa bisa dikatakan mencapai tingakatan kognitif C3-C5. Oleh karena itu disarankan untuk menerapkan lesson study di kelas agar dapat membantu guru dalam menilai aspek pengetahuan siswa demi mencapai tujuan pembelajaran bersama.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ROYANI
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:37
Last Modified: 17 Jul 2023 07:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/53596

Actions (login required)

View Item View Item