Implementasi Manajemen Mutu Dalam Membina Karakter Santri Pada Pondok Pesantren Kabupaten Kerinci

Sunah, M Dhany Al Sunah (2023) Implementasi Manajemen Mutu Dalam Membina Karakter Santri Pada Pondok Pesantren Kabupaten Kerinci. S3 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (339kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (423kB)
[img] Text
Bab1.pdf

Download (957kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (68kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (468kB)
[img] Text
Full DISERTASI PDF_Dhany.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Dhany.pdf

Download (252kB)

Abstract

Pembinaan karakter merupakan permasalahan yang sangat penting di dalam dunia pendidikan dikarenakan itu merupakan suatu tujuan utamanya. Oleh karena itu, pranata pendidikan islam mempunyai peran yang sangat vital dalam membentuk, mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Didalam pelaksanaannya dilapangan tentu masing-masing pranata pendidikan mempunyai pola dan manajemen mutu dalam pembinaan karakter santrinya. Tujuan penelitian : mengidentifikasi perencanaan mutu, implementasi, evaluasi mutu pendidikan pondok pesantren, dalam membina karakter santri. Metode‘penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. penarikan informan, menggunakan purposive sampling. pengumpulan data penelitian menggunakan wawanara, dokumentasi dan forum grup discusion (FGF). Hasil penelitian ini adalah menemukan empat hal penting, yaitu: pertama, perencanaan manajemen mutu pembinaan karakter santri di kabupaten kerinci pada umumnya didasarkan kepada visi dan misi pesantren, lalu diturunkan ke bentuk aturan, kebijakan pesantren, kurikulum (pesantren dan nasional), serta hidden curricullum. dalam proses lanjutan dari tiga unsur tersebut kemudian dituangkan dalam bentuk program kegiatan yang bersifat periode waktu, mulai dari jangka pendek, jangka menengah, serta jangka panjang. Kedua, manajemen pengorganisasian pembinaan karakter santri secara umum berdasarkan kepada pembagian struktur kerja yang berfungsi membagi peran serta tanggung jawab secara hirarkis, Dalam hal ini pihak yayasan, kyai/buya sebagai pelindung. Dalam pelaksana selanjutnya disesuaikan berdasarkan pada pembagian struktur kerja secara berjenjang, mulai dari guru, ustadz, pembina, serta sampai pada santri senior. Ketiga. Dalam manajemen utama pembinaan karakter santri secara umum dilakukan sepanjang proses pendidikan di pranata pondok pesantren yang mana kekuatan utama yaitu terletak dalam “budaya paksa pesantren” (pesantren’s force culture) melalui kegiatan pembelajaran kepasantrenan dan kegiatan pendukung lainnya seperti kegiatan ektrakurikuler. Keempat. Dalam manajemen pengawasan (controling) pembinaan karakter terlaksana secara struktural, mulai dari pihak yayasan, pimpinan pondok, ustadz (guru pengajar) sampai pada santri senior.

Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Manajemen Mutu, Pendidikan Karakter, Pesantren
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S3 Kependidikan
Depositing User: SUNAH
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:38
Last Modified: 17 Jul 2023 07:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/53647

Actions (login required)

View Item View Item