Perbandingan efektivitas model discovery learning dan problem based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII pada materi listrik dinamis di Madrasah Aliyah Laboratorium Kota Jambi Tahun Pelajaran 2020/2021

Akhir, Muhammad (2023) Perbandingan efektivitas model discovery learning dan problem based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII pada materi listrik dinamis di Madrasah Aliyah Laboratorium Kota Jambi Tahun Pelajaran 2020/2021. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (18kB)
[img] Text
Pengesahan dan persetujuan.pdf

Download (351kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (39kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (105kB)
[img] Text
LAMPIRAN TESIS AKHIR.pdf

Download (3MB)
[img] Text
TESIS AKHIR - R4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Akhir, M. 2023. Perbandingan Efektivitas Model Discovery Learning dan Problem Based Learning dalam meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa kelas XII pada Materi Listrik Dinamis di Madrasah Aliyah Laboratorium Kota Jambi. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan IPA Universitas Jambi, Pembimbing I. Dr. Drs. Jodion Siburian, M.Si. II. Muhammad Haris Efendi, S.Pd, M.Si, Ph.D. Kemampuan berpikir kritis peserta didik yang masih rendah menyebabkan mereka tidak terlatih mengerjakan soal-soal yang bersifat kontekstual, argumentatif dan kreatif. Rendahnya pemahaman materi dan kualitas pembelajaran karena peserta didik tidak mempertimbangkan kredibilitas sumber belajar dan tidak terlibat aktif pada proses pembelajaran karena tidak suka pada topik-topik yang kompleks, dan tidak berani menyampaikan pendapatnya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan efektivitas Model Discovery Learning dan Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.. Penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Laboratorium Kota Jambi yaitu kelas XII dengan pokok bahasan listrik dinamis. Penelitian ini termasuk pada Metode Mixed Methods dengan concurrent embedded design dengan model true experimental design pretest post-test control group design. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu XII MIPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan XII MIPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 peserta didik yang dipilih dengan teknik random sampling. Intrumen yang digunakan berupa soal essay untuk mengukur kemampuan berpikir kritis yang dikumpulkan melalui tes tertulis. Hasil penilaian dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji ANCOVA menggunakan SPSS. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata NGain kemampuan berpikir kritis rata-rata NGain kemampuan berpikir kritis siswa antara penerapan model pembelajaran Discovery Learning lebih tinggi yaitu 41,09 sedangkan kelas yang diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning lebih rendah yaitu 29.51. Hasil uji ANCOVA diperoleh nilai sign didapat 0,001, dimana 0,001 < 0,05 sesuai kriteria bahwa H0 (menolak) dan H1 (menerima). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang diterapkan model pembelajaran Discovery Learning dan model pembelajaran Problem Based Learning. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning lebih efektif dari model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII pada Materi Listrik Dinamis di Madrasah Aliyah Laboratorium Kota Jambi. Kata kunci: Discovery learning, problem based learning, berpikir kritis, & siswa.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: AKHIR
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:03
Last Modified: 17 Jul 2023 08:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/53660

Actions (login required)

View Item View Item